Tautan-tautan Akses

Perundingan Korea Utara dan Korea Selatan Dihentikan Sementara


Seorang pria duduk di bawah poster propaganda di Pyongyang, Korea Utara, 23 Agustus 2015.

Seorang pria duduk di bawah poster propaganda di Pyongyang, Korea Utara, 23 Agustus 2015.

Perundingan tingkat tinggi pertama dalam hampir setahun antara Korea Selatan dan Korea Utara dihentikan sebentar setelah berlangsung sampai Minggu dini hari (23/8), selagi kedua negara berusaha meredakan ketegangan yang hampir menjerumuskan kedua negara ke ambang konfrontasi militer.

Juru bicara kepresidenan Korea Selatan, Min Kyung-wook mengatakan para delegasi sepakat untuk melanjutkan lagi pertemuan hari Minggu pukul 3 sore waktu Korea Selatan. Min tidak menjelaskan rincian lain apapun mengenai perundingan yang ditangguhkan pada pukul 4.15 Minggu dini hari.

Perundingan secara maraton bukan hal aneh bagi kedua Korea, yang pernah berunding dalam waktu lama beberapa tahun terakhir ini, mengenai isu-isu yang lebih ringan.

Pertemuan tertutup di desa perbatasan Panmunjon, dimulai hari Sabtu pukul 6.30 sore, tidak lama setelah batas waktu yang ditetapkan Korea Utara agar Korea Selatan menghentikan siaran propaganda dengan pengeras suara di perbatasannya. Korea Utara menyatakan tentaranya siap berperang jika Korea Selatan tidak menghentikannya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG