Tautan-tautan Akses

Perundingan Damai Suriah Diundur


Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi hari Selasa (5/11) menjelaskan pengunduran perundingan damai Suriah di Jenewa (foto: dok).

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi hari Selasa (5/11) menjelaskan pengunduran perundingan damai Suriah di Jenewa (foto: dok).

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi hari Selasa (5/11) menjelaskan pengunduran itu di Jenewa, seusai pertemuan dengan para pejabat anggota tetap DK PBB.

Tanggal untuk kemungkinan perundingan damai guna mengakhiri perang di Suriah telah diundur, dan para diplomat kini berharap perundingan itu bisa dilangsungkan sebelum akhir tahun ini.

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi hari Selasa (5/11) menjelaskan hal tersebut di Jenewa, Swiss seusai pertemuan dengan para pejabat Amerika dan Rusia serta diplomat dari negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Brahimi sebelumnya berharap untuk mendatangkan pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok oposisi ke Jenewa untuk berunding akhir bulan ini, tetapi mengatakan pertemuan itu kini diharapkan berlangsung sebelum akhir tahun.

Ia mengatakan rinciannya masih harus diatur, dan menambahkan setiap kemajuan dengan pihak oposisi Suriah untuk membentuk delegasi yang kredibel untuk diutus ke konferensi itu “akan merupakan langkah besar ke depan.”

Lebih dari 100.000 orang telah tewas sejak pertempuran berkobar antara pasukan pemberontak dan pemerintah Suriah pada Maret 2011.
XS
SM
MD
LG