Tautan-tautan Akses

Perundingan Damai di Filipina akan Dilanjutkan Lagi


Mobil-mobil dibakar oleh pemberontak komunis di Surigao del Norte, Filipina selatan (foto: dok). Filipina akan melanjutkan perundingan dengan pemberontak komunis.

Mobil-mobil dibakar oleh pemberontak komunis di Surigao del Norte, Filipina selatan (foto: dok). Filipina akan melanjutkan perundingan dengan pemberontak komunis.

Para perunding itu hari Rabu (15/6) menandatangani perjanjian di Oslo, Norwegia, untuk secara resmi melanjutkan perundingan damai.

Perundingan damai di Filipina tampaknya akan dilanjutkan lagi setelah dua hari pertemuan tidak resmi antara pemberontak komunis dan para pejabat yang dekat dengan presiden terpilih Rodrigo Duterte.

Para perunding itu hari Rabu (15/6) menandatangani perjanjian di Oslo, Norwegia, untuk secara resmi melanjutkan perundingan damai bulan depan setelah Presiden Duterte dilantik. Pemberontak komunis telah berjuang sejak tahun 1969 untuk mendirikan negara yang berdasarkan ajaran Marxist.

Presiden terpilih Duterte akan dilantik tanggal 30 Juni, dan delegasi yang dikirim ke perundingan di Oslo itu tidak punya kewenangan untuk membuat perjanjian apapun. Tapi fakta bahwa ada delegasi Filipina yang dikirim untuk berunding dengan kelompok komunis itu menunjukkan adanya perubahan dalam kebijakan pemerintah.

Kedua pihak sadar masih banyak yang harus dibahas, dan persetujuan untuk mengadakan perundingan itu mungkin merupakan bagian yang paling mudah. Perundingan yang akan diadakan itu akan mencakup masalah gencatan senjata dan amnesti. Lebih dari 40.000 orang tewas antara tahun 1969 dan 2008 dalam bentrokan antara pasukan pemerintah dan pemberontak komunis itu. [ii/ps]

XS
SM
MD
LG