Tautan-tautan Akses

Perundingan Dagang Eropa dengan AS Mungkin Tidak Rampung


Demonstran membawa balon anti-TTIP saat protes menentang perjanjian perdagangan di Brussels, 20 September 2016.

Demonstran membawa balon anti-TTIP saat protes menentang perjanjian perdagangan di Brussels, 20 September 2016.

Dalam pertemuan di Slovakia, para menteri perdagangan Uni Eropa menandaskan kecil kemungkinan perundingan dagang yang tersendat dengan Amerika bisa dirampungkan sebelum masa jabatan Presiden Obama berakhir meskipun perundingan dengan Kanada siap untuk ditandatangani.

Yang berharap dapat menyelamatkan perundingan perdagangan Amerika-Uni Eropa tahun ini ada kemungkinan bakal kecewa oleh hasil pembicaraan hari Jumat di Bratislava. Menurut Komisaris Perdagangan Uni Eropa, Cecilia Malmstrom, peluang untuk menyelamatkannya hampir tidak ada. Cecilia mengatakan, "Semua anggota mengemukakan keraguan mereka perundingan bisa dirampungkan bahkan tampak semakin tidak mungkin sebelum masa jabatan Presiden Obama berakhir. Namun, adalah wajar saja melanjutkan perundingan, malah ada satu babak pembicaraan awal Oktober di New York dan kami akan berusaha mencapai kemajuan sebanyak mungkin.

Jika terwujud, perjanjian perdagangan Transatlantik TTIP akan menjadi zona perdagangan bebas terbesar di dunia. Yang pro mengatakan TTIP akan mengakhiri peraturan yang memberatkan, memperluas jenis barang yang diperdagangkan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta lapangan kerja.

Akan tetapi ke-28 negara anggota Uni Eropa berbeda pendapat tentang suatu perjanjian hingga Perancis dan Austria meminta putaran perundingan sekarang ditutupdan perundingan baru dimulai di bawah nama baru. Perkiraan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa menambah unsur ketidakpastian. Sementara itu, Uni Eropa telah merampungkan perjanjian perdagangan dengan Kanada dan diharapkan akan ditandatangani akhir bulan depan.

Sebelumnya pada hari itu deputi menteri perdagangan Belgia, Didier Reynders mengatakan Uni Eropa telah membuat banyak kemajuan dalam banyak bidang dengan Kanada, tidak demikian halnya dalam tiga tahun perundingan dengan Amerika.

Begitupun, kedua perundingan memicu protes di negara seperti Jerman dan Austria. Yang kontra mengatakan perjanjian akan memundurkan tingkat kesehatan dan lingkungan hidup di Eropa. Perundingan dagang Amerika-Uni Eropa juga tersandung kendala apabila sampai pada isu seperti privasi data, pengadaan dan akses Eropa ke beberapa sektor di Amerika seperti konstruksi. [al]

XS
SM
MD
LG