Tautan-tautan Akses

Perunding Utama Nuklir Korea Utara Kunjungi China


Wamenlu Korea Utara merangkap perunding nuklir Korea Utara, Kim Kye Gwan (kanan) melambaikan tangan setibanyadi Beijing, China (18/6).

Wamenlu Korea Utara merangkap perunding nuklir Korea Utara, Kim Kye Gwan (kanan) melambaikan tangan setibanyadi Beijing, China (18/6).

Perunding nuklir utama Korea Utara, Wakil Menteri Luar Negeri Kim Kye Gwan berada di Beijing diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan wakil menteri luar negeri China, Rabu (19/6).

Perunding nuklir utama Korea Utara berada di Beijing untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat China. Hal ini merupakan perkembangan terbaru dalam serangkaian tindakan diplomatik yang melibatkan Pyongyang setelah ketegangan berbulan-bulan.

Wakil Menteri Luar Negeri Kim Kye Gwan diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan wakil menteri luar negeri China hari Rabu. Beijing mengatakan pembicaraan tersebut akan membahas hal-hal terkait hubungan bilateral dan situasi di semenanjung Korea.

Sekutu sejak lama Korea Utara, China, telah semakin tidak sabar dengan Pyongyang, khususnya setelah percobaan nuklir terbaru oleh Korea Utara bulan Februari. Beijing sejak itu telah mengambil tindakan keras terhadap rekening-rekening bank Korea Utara sebagai bagian dari sanski baru PBB.

China telah berulang-kali mendesak Korea Utara agar kembali ke perundingan enam pihak mengenai program senjata nuklirnya. Kim, utusan Korea Utara yang mengunjungi Beijing, adalah perunding utama Pyongyang dalam perundingan itu, yang ditinggalkan Korea Utara tahun 2009.
XS
SM
MD
LG