Tautan-tautan Akses

Perunding Uni Eropa ingin Temui Pemimpin Barat Terkait Nuklir Iran


Pemimpin Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton (Foto: dok).

Pemimpin Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton (Foto: dok).

Perunding utama Uni Eropa mengungkapkan keinginannya untuk bertemu dengan negara-negara kuat Barat pekan depan, seusai pertemuannya dengan perunding Iran, Selasa malam (18/9).

Dalam pernyataan setelah bertemu dengan utusan Iran Saeed Jalili di Istanbul, pimpinan kebijakan luar negeri Uni Eropa itu, Catherine Ashton, mengatakan dia berharap akan dapat menganalisa situasi dan membicarakan rencana memajukan perundingan dengan para mitra PBB di New York. Pembicaraan itu akan diadakan di-sela-sela sidang Majelis Umum.

Pertemuan Ashton hari Selasa dengan pimpinan perunding Iran Jalili merupakan pembicaraan langsung yang pertama sejak kedua pihak gagal mencapai terobosan dalam sengketa nuklir bulan Juni. Kedua pihak tidak menanggapi apa yang telah mereka bicarakan di balik pintu tertutup hari Selasa.

Pertemuan itu diadakan di tengah meningkatnya ketegangan di Teluk Persia, saat Teheran mengerahkan kapal selam buatan Rusia dan satu kapal perusak beberapa hari setelah Amerika Serikat dan lebih dari 24 sekutu memulai latihan angkatan laut di dekat wilayah tersebut.
XS
SM
MD
LG