Tautan-tautan Akses

Perunding Nuklir AS Imbau Tunda Sanksi atas Iran


Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Wendy Sherman menyerukan penundaan sanksi terhadap Iran (foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Wendy Sherman menyerukan penundaan sanksi terhadap Iran (foto: dok).

Perunding utama nuklir Amerika hari Jumat (25/10) menyerukan dihentikan sementara upaya Kongres Amerika untuk memberlakukan sanksi terhadap Iran.

Perunding utama nuklir Amerika menyerukan dihentikan sementara upaya Kongres Amerika untuk memberlakukan sanksi terhadap Iran, beberapa minggu setelah menuduh Iran berbohong soal program nuklirnya.

Dalam wawancara eksklusif hari Jumat dengan VOA, Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Wendy Sherman mengatakan setiap upaya Amerika untuk memberlakukan sanksi tambahan seharusnya ditunda guna melihat apakah pembicaraan nuklir bisa "memperoleh momentum."

Ia mengatakan pejabat-pejabat pemerintahan Obama selama ini sudah berbicara dengan anggota Senat dan DPR Amerika tentang penundaan sanksi-sanksi itu.

Wendy Sherman mengatakan, "Kongres punya hak prerogatif. Kita tidak bisa menguasai Kongres, tetapi kami telah mengadakan diskusi serius. Kami bekerja sebagai mitra dengan Kongres. Menurut saya, mereka selama ini menjadi mitra yang sangat efektif sementara kami mengupayakan perundingan ini. Kami berharap mereka terus menjadi mitra yang efektif guna mencapai hasil, dan saya percaya mereka akan demikian."

Kongres Amerika berusaha menerapkan sanksi lebih keras terhadap Iran atas program nuklirnya yang tujuannya diragukan. Iran mengatakan program nuklirnya bertujuan damai. Tetapi pihak Barat dan Israel percaya Iran sedang membuat senjata nuklir.
XS
SM
MD
LG