Tautan-tautan Akses

AS

Perubahan Iklim Ganggu Kehidupan di Amerika


Perubahan iklim diduga menjadi penyebab berbagai cuaca ekstrim, termasuk kekeringan dan kemarau panjang yang memicu kebakaran hutan di AS (foto: dok).

Perubahan iklim diduga menjadi penyebab berbagai cuaca ekstrim, termasuk kekeringan dan kemarau panjang yang memicu kebakaran hutan di AS (foto: dok).

Hasil penelitian di AS mengatakan bahwa perubahan iklim terkait dengan pemanasan suhu udara, naiknya permukaan air laut dan berbagai cuaca ekstrim.

Sebuah laporan baru di Amerika menyebut sebab-sebab memanasnya suhu udara, naiknya permukaan air laut dan meningkatnya kemarau, banjir dan cuaca ekstrim lain yaitu perubahan iklim.

National Climate Assessment atau Prakiraan Iklim Nasional 2014, yang dikeluarkan hari Selasa (6/5) mengatakan dampak perubahan iklim diperkirakan bakal bertambah mengganggu di seluruh Amerika abad ini dan seterusnya.

Dan dikatakan semua ini adalah salah Amerika sendiri. Hasil studi Pemerintah Federal itu menunjukkan puluhan bukti yang mengukuhkan bahwa kegiatan manusia merupakan penyebab utama pemanasan bumi selama 50 tahun terakhir.

Tetapi, dikatakan, masih ada waktu untuk bertindak. Jumlah perubahan iklim pada masa depan pada umumnya masih tetap akan ditentukan oleh pilihan masyarakat mengenai emisi.

Menurut laporan itu, usaha untuk mengurangi emisi yang ditimbulkan manusia, yang terutama karena pembakaran batu-arang, minyak dan gas, tidak cukup untuk menghindari akibat negatif yang semakin besar di bidang sosial, lingkungan dan ekonomi.
XS
SM
MD
LG