Tautan-tautan Akses

Perubahan Iklim Berdampak pada Kawasan Berdataran Rendah


Mencairnya es yang berukuran luas mengancam negara-negara pulau serta komunitas pesisir (foto: ilustrasi).

Mencairnya es yang berukuran luas mengancam negara-negara pulau serta komunitas pesisir (foto: ilustrasi).

Mencairnya es yang berukuran luas, seperti di Kutub, akan menaikkan permukaan air dan mengancam negara-negara pulau serta komunitas pesisir.

Pembicaraan mengenai perubahan iklim selalu disertai peringatan bahwa mencairnya es yang berukuran luas akan menaikkan permukaan air dan mengancam negara-negara pulau serta komunitas pesisir. Tapi analisa baru Survei Geologi Amerika (USGS) mengatakan semua peringatan itu tidak cukup keras.

Proyeksi komputer biasanya memperkirakan kenaikan permukaan laut berdasarkan data peta dan contoh-contoh sederhana tentang peningkatan permukaan air yang mengisyaratkan sebagian besar pulau karang berpermukaan rendah di Pasifik akan tetap di atas permukaan laut selama 50-150 tahun mendatang.

Prakiraan-prakiraan baru ini memperhitungkan angin yang diakibatkan badai dan gerakan gelombang ombak yang mengarah pada skenario bahwa banyak pulau karang akan lebih cepat terendam dan tidak bisa dihuni.

Pakar kelautan USGS Curt Storlazzi meneliti pulau-pulau karang Midway dan Laysan yang bentuknya mirip dengan banyak pulau di Pasifik. Timnya memastikan bahwa 91 persen Pulau Estern Midway di Pasifikakan terendam air dengan kenaikan permukaan laut 2 meter, dibandingkan prakiraan sebelumnya sebanyak 19 persen.

Storlazzi mengatakan temuan-temuan itu penting bagi puluhan ribu orang yang tinggal di pulau-pulau lainnya yang permukaannya rendah dan menawarkan berbagai alat untuk meramalkan lahan pertanian mana yang akan rusak karena berkali-kali tergenang air laut, dan dimana sumber air di pulau-pulau itu kemungkinan terkontaminasi air garam.
XS
SM
MD
LG