Tautan-tautan Akses

Pertumbuhan Lapangan Kerja, Sorotan Utama Jelang Pidato Tahunan

  • Nico Colombant
  • Sri Purwati

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato mingguannya di Gedung Putih (22/1).

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato mingguannya di Gedung Putih (22/1).

Menjelang pidato tahunannya, Presiden Barack Obama menyampaikan langkah baru untuk mempercepat terciptanya lapangan kerja, sedangkan golongan Partai Republik tetap berfokus pada usaha mendiskreditkan Undang-undang Reformasi Layanan Kesehatan yang disahkan tahun lalu.

Dalam pidato mingguannya, Presiden Amerika Barack Obama mengemukakan perjanjian yang dicapai pekan ini dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao.

"Kita akan meningkatkan ekspor Amerika ke Tiongkok dengan nilai lebih dari 45 milyar dolar, dan Tiongkok akan meningkatkan investasi beberapa milyar dolar lagi," ujar Obama. "Yang paling penting, perjanjian ini akan mendukung penciptaan 235.000 pekerjaan di Amerika."

Presiden Obama juga menjelaskan keputusannya mengangkat Kepala Perusahaan General Electric, Jeff Immelt, untuk memimpin Dewan baru Urusan Pekerjaan dan Persaingan.

"Saya yakin hal itu akan membangkitkan gagasan mengenai bagaimana kita dapat memacu penciptaan lapangan kerja, mendidik karyawan Amerika untuk bersaing dalam abad ke 21, menarik lapangan kerja dan perusahaan-perusahaan terbaik ke Amerika dan bukannya membiarkan usaha-usaha itu berkembang di luar negeri," tambah Obama.

Presiden Barack Obama dan Jeffrey Immelt, CEO General Electric, yang dipilih Obama untuk memimpin Dewan baru Urusan Pekerjaan dan Persaingan.

Presiden Barack Obama dan Jeffrey Immelt, CEO General Electric, yang dipilih Obama untuk memimpin Dewan baru Urusan Pekerjaan dan Persaingan.

Dalam pidato mingguan Partai Republik Senator Partai Republik dari Wyoming, John Barrasso menyebut undang-undang kesehatan tahun lalu, yang dijulukinya “Obamacare”, sebagai merusak lapangan kerja. Barrasso mengatakan setiap hari lebih banyak orang menanggung akibat peraturan Obama tersebut. Ketika Barrasso keliling Amerika, ia mengaku terus mendengar dari rakyat Amerika yang menghendaki supaya pemerintah jangan ikut campur dalam program perawatan kesehatan mereka.

Mayoritas anggota Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika memutuskan dicabutnya Undang-undang Reformasi Layanan Kesehatan, yang memberikan jaminan asuransi kesehatan kepada lebih banyak rakyat Amerika. Tetapi, rancangan Partai Republik tersebut tidak mendapat dukungan dari Senat Amerika yang masih didominasi Partai Presiden Obama, Partai Demokrat.

Selasa pekan ini, Presiden Obama akan menyampaikan pidato kenegaraannya (State of the Union). Anggota Kongres Amerika dari negara bagian Wisconsin, Paul Ryan akan menyampaikan pidato bantahan atas nama Partai Republik, tetapi kelompok yang disebut "Tea Party" yang anti-pengeluaran anggaran belanja dalam Partai Republik telah mengumumkan akan meminta anggota Kongres Michelle Bachman dari negara bagian Minnesota sebagai penggantinya, untuk menyampaikan pidato sanggahan tersebut.

XS
SM
MD
LG