Tautan-tautan Akses

Pertumbuhan Kekayaan Milyarder Asia Paling Pesat


Di Asia, China memiliki jumlah miliarder terbanyak dengan 190 orang.

Di Asia, China memiliki jumlah miliarder terbanyak dengan 190 orang.

Meski Asia ada di belakang Eropa dan Amerika Utara dalam hal jumlah total milyarder, namun mereka dari wilayah ini mencatat pertumbuhan kekayaan paling pesat.

Milyarder-milyarder Asia yang dipimpin oleh taipan-taipan China menikmati pertumbuhan kekayaan tercepat tahun ini dibandingkan orang-orang kaya lainnya di dunia, menurut sebuah laporan, Rabu (17/9).

Gabungan kekayaan milyarder Asia tumbuh 18,7 persen dari tahun lalu menjadi US$1,41 triliun, menurut laporan Wealth-X, sebuah firma riset dengan spesialisasi individu berpenghasilan tinggi, dan bank Swiss UBS.

Asia menambahkan 52 milyarder berpenghasilan dolar AS tahun ini, membuat jumlah total milyarder di wilayah ini 560 orang. Sebanyak 33 dari 52 milyarder baru tersebut datang dari China, atau 63,5 persen.

Meski Asia ada di posisi ketiga di belakang Eropa dan Amerika Utara dalam hal jumlah total milyarder, mereka yang dari Asia mencatat pertumbuhan kekayaan paling pesat dibandingkan wilayah manapun di seluruh dunia.

Asia mencakup 30 persen dari peningkatan bersih milyarder global pada 2014, menurut laporan tersebut.

Jumlah milyarder di dunia naik 7 persen dari tahun lalu menjadi 2,325, yang merupakan rekor, atau bertambah 155 orang. Jika digabung, kekayaan mereka mencapai $7,3 triliun, atau naik 12 persen.

Sebagian besar milyarder Asia memperoleh kekayaannya di dalam wilayah tersebut dari real estat dan konglomerasi industri. Hanya 11 persen yang mengumpulkan kekayaan dari sektor keuangan, perbankan dan investasi, jauh lebih kecil dibandingkan negara-negara lain.

Milyarder-milyarder Asia juga termuda di dunia, dengan usia rata-rata 61 tahun, dan hanya 13 persen yang mewarisi kekayaan secara penuh.

Di Asia, China memiliki jumlah milyarder terbanyak dengan 190 orang, diikuti India (100), Hong Kong (82), Jepang (33), Singapura (32), Taiwan (29), Korea Selatan (21), Indonesia (19), Thailand (17) dan Filipina (13). (AFP)

XS
SM
MD
LG