Tautan-tautan Akses

Pertumbuhan Ekspor China Melamban pada Desember


Para pekerja pabrik sepatu di Ganzhou, provinsi Jiangxi, China. (Foto: Dok)

Para pekerja pabrik sepatu di Ganzhou, provinsi Jiangxi, China. (Foto: Dok)

Tingkat ekspor meningkat 4,3 persen menjadi $207,7 miliar, atau melamban dari pertumbuhan 12,7 persen pada November, menurut data perdagangan Jumat (10/1).

Pertumbuhan ekspor China melamban pada bulan Desember sementara impor meningkat, yang kemungkinan membantu mengurangi kekhawatiran akan perlambanan dalam ekonomi yang kedua terbesar di dunia itu.

Tingkat ekspor meningkat 4,3 persen menjadi $207,7 miliar, atau melamban dari pertumbuhan 12,7 persen pada November, menurut data perdagangan Jumat (10/1). Impor meningkat 8,3 persen menjadi $182,1 miliar, meningkat dari 7,6 persen bulan sebelumnya.

Ekspor yang lebih kuat kemungkinan tanda permintaan dalam negeri China relatif kuat walaupun ada keprihatinan pemulihan ekonomi yang rendah sedang melemah.

“Ekonomi dunia masih dalam masa penyesuaian. Walaupun ada tanda-tanda pemulihan, fondasinya masih tidak kuat,” kata juru bicara biro statistik nasional, Zheng Yuesheng, dalam jumpa pers.

“Perkembangan ekonomi negara kita secara keseluruhan stabil,” katanya, seraya menambahkan,”usaha perdagangan luar negeri China menghadapi keadaan internasional dan domestik yang kompleks dan berubah-ubah.”

Pertumbuhan ekonomi China turun ke laju terendah dalam 20 tahun yakni 7,5 persen dalam kwartal kedua. Laju tersebut naik kembali ke 7,8 persen dalam kwartal berikutnya tetapi analis sektor swasta mengatakan bahwa pemulihan kemungkinan besar akan menurun.

Untuk satu tahun penuh, surplus perdagangan global China meningkat 12,6 persen menjadi $260,2 miliar.
XS
SM
MD
LG