Tautan-tautan Akses

Pertikaian Terkait Pengibaran Bendera Inggris di Belfast, 29 Polisi Cedera


Para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi Irlandia terkait pengibaran bendera Inggris di Belfast (Foto: dok).

Para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi Irlandia terkait pengibaran bendera Inggris di Belfast (Foto: dok).

29 petugas polisi cedera dalam kerusuhan di Belfast, ibukota Irlandia utara, terkait pertikaian tentang pengibaran bendera Inggris.

Polisi anti huru hara mempergunakan meriam air dan menembakkan enam peluru plastik ke arah pemrotes yang melemparkan batu-batu dan obyek-obyek lain ke arah petugas ketika terjadi bentrokan di Belfast timur Sabtu. Petugas polisi yang cedera di bawah ke rumah sakit.

Gelombang kekerasan di Irlandia utara dimulai pada 3 Desember, setelah Dewan Kota Belfast memutuskan untuk membatasi jumlah hari bendera Inggris dikibarkan di wilayah tersebut. Kelompok Protestan telah memblokir jalan-jalan di ibukota setiap hari sejak pihak Katolik dalam Dewan itu memutuskan untuk membatasi pengibaran bendera Inggris menjadi 18 hari per tahun.

Kerusuhan terakhir di mulai Sabtu siang ketika sekitar 1000 demonstran, kebanyakan orang Protestan, berkumpul di Kotapraja untuk memprotes keputusan Dewan Kota itu.

Kepala polisi Irlandia utara, Matt Baggott, memuji petugas-petugasnya karena berhasil memulihkan situasinya menjadi terkendali dan ia menyebut petugas-petugasnya berperilaku penuh kebranian dan profesionalisme.

Pemimpin-pemimpin Irlandia utara menurut rencana akan bertemu dalam hari-hari mendatang untuk membahas kemelut ini.
XS
SM
MD
LG