Tautan-tautan Akses

Pertikaian Soal Mata Uang Memanas Sebelum KTT G20


Kepala Federal Reserve, Ben Bernanke. Langkah bank sentral AS menyuntikkan 600 miliar dolar AS mendapat kecaman negara-negara lain.

Kepala Federal Reserve, Ben Bernanke. Langkah bank sentral AS menyuntikkan 600 miliar dolar AS mendapat kecaman negara-negara lain.

Jerman, Tiongkok dan negara-negara lain mengecam usaha Washington untuk menyuntikkan stimulus ekonomi 600 miliar dolar.

Sebuah pertikaian seputar isu mata uang sedang memanas sebelum KTT G20 minggu ini di Korea Selatan. Jerman, Tiongkok dan negara-negara lain mengecam usaha Washington untuk menyuntikkan 600 miliar dolar ke dalam ekonominya.

Pengecam mengatakan tindakan itu tidak akan meningkatkan pertumbuhan, tapi akan mengalir ke negara-negara yang tumbuh cepat dan menaikkan nilai mata uang mereka serta merugikan ekspor mereka.

Tindakan Amerika itu menyebabkan dolar menurun relatif terhadap mata uang lainnya, yang akan membuat ekspor Amerika punya keuntungan dari segi harga.

Washington sejak lama menuduh Beijing menurunkan nilai mata uangnya guna memberi produk buatan Tiongkok keuntungan yang tidak adil di pasar global.

Ekonomi Amerika merupakan yang terbesar di dunia dan Presiden Barack Obama Senin mengatakan bahwa mendorong pertumbuhan di Amerika akan membantu ekonomi global.

XS
SM
MD
LG