Tautan-tautan Akses

AS

Pertemuan Puncak AS-Rusia akan Bahas Kasus Snowden


Menlu AS John Kerry dan Menhan AS Chuck Hagel akan bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menhan Rusia Sergei Shoigu, hari ini di Washington (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry dan Menhan AS Chuck Hagel akan bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menhan Rusia Sergei Shoigu, hari ini di Washington (Foto: dok).

Menlu AS John Kerry dan Menhan AS Chuck Hagel akan mengadakan pembicaraan di Washington dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dan Menhan Rusia Sergei Shoigu, Jumat (9/8).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry diperkirakan akan meminta Rusia untuk menyerahkan pembocor informasi keamanan nasional Amerika Edward Snowden ketika ia bertemu dengan menteri luar negeri Rusia hari Jumat.

Kerry dan Menteri Pertahanan Chuck Hagel akan mengadakan pembicaraan di Washington dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

Mereka kemungkinan besar akan membicarakan berbagai isu yang penting bagi kedua negara, termasuk Suriah, keamanan global dan hak asasi manusia.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki mengatakan kasus Snowden pasti akan turut dibicarakan.

Keputusan Rusia untuk memberi suaka kepada Snowden, yang memungkinkannya untuk menghindarkan peradilan, menimbulkan kemarahan Amerika. Ini adalah satu dari beberapa isu yang menyebabkan Presiden Barack Obama membatalkan pertemuan puncak bulan depan di Moskow dengan Presiden Vladimir Putin.

Tetapi, Psaki mengatakan masih banyak yang harus dibicarakan dengan Rusia, termasuk Afghanistan, Korea Utara, Iran, dan usaha menyelenggarakan konferensi perdamaian internasional mengenai Suriah.
XS
SM
MD
LG