Tautan-tautan Akses

Pertemuan Pemerintah Pusat dan Daerah Digelar di Ukraina Timur


Para pejabat Ukraina termasuk Perdana Menteri Arseni Yatsenyuk (kedua dari kiri) berpartisipasi dalam pembicaraan perdamaian di Kharkiv (17/5). (Reuters/Andrew Kravchenko)

Para pejabat Ukraina termasuk Perdana Menteri Arseni Yatsenyuk (kedua dari kiri) berpartisipasi dalam pembicaraan perdamaian di Kharkiv (17/5). (Reuters/Andrew Kravchenko)

Pihak-pihak separatis yang berusaha menguasai berbagai fasilitas pemerintah di bagian timur tidak diundang dalam pertemuan tersebut.

Para pejabat pemerintah Ukraina membahas berbagai cara untuk mengakhiri krisis politik di negara itu, sementara dewan pemilu Ukraina memperingatkan bahwa pemberontak pro-Rusia di bagian timur negara itu mungkin akan mengganggu pemilihan presiden minggu depan.

Pemerintah pusat dan para pemimpin daerah pada Sabtu (17/5) mengadakan pertemuan putaran kedua di Kharkiv, Ukraina timur, tetapi tidak ada pengumuman mengenai kemajuan apapun. Pihak-pihak separatis yang berusaha menguasai berbagai fasilitas pemerintah di bagian timur tidak diundang dalam pertemuan tersebut.

Di Kyiv, Komisi Pemilu Pusat menghimbau pemerintah pusat interim agar mengambil langkah guna memastikan keamanan di bagian timur karena aksi kerusuhan bisa menghalangi sekitar dua juta pemilih memberikan suara dalam pemilihan presiden 25 Mei.

Komisi itu mengatakan kesulitan menyiapkan pemilu di kawasan-kawasan utama Ukraina timur akibat ancaman dan “aksi ilegal” oleh separatis. Berbagai kelompok militan pro-Rusia telah menduduki belasan kota disana sejak awal April.

Meski telah menggelar ofensif sebulan militer Ukraina masih gagal merebut kembali kawasan-kawasan industri utama Donetsk dan Luhansk, sementara pemberontak menyatakan kedua kawasan itu merdeka.
XS
SM
MD
LG