Tautan-tautan Akses

Pertemuan Pejabat Tinggi KAA Bahas 3 Agenda Utama


Para Pejabat Tinggi negara-negara Asia Afrika melakukan pertemuan Asian African Senior Official Meeting, Minggu pagi (19/4) di Jakarta Convention Center, yang merupakan pertemuan ini adalah awal dari serangkaian pertemuan yang akan digelar selama berlangsungnya peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika, di Jakarta.

Dalam pertemuan ini terdapat 3 agenda utama yang menjadi fokus pembahasan, yaitu Bandung Message, Kerjasama Strategis antar negara-negara Asia Afrika dan Dukungan kemerdekaan negara Palestina.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan, "Hari ini sudah mulai pertemuan senior Officials meeting. Pembahasan tentunya adalah terfokus kepada 3 dokumen yang akan dihasilkan oleh konferensi ini, yaitu Bandung message, kemudian new Asian African Strategic Partnership dan yang ketiga adalah deklarasi kemerdekaan Palestina.”

Retno juga menambahkan pembahasan tiga agenda utama tersebut akan diteruskan dalam pertemuan lanjutan tingkat menteri untuk kemudian diserahkan kepada Kepala Negara.

Pejabat senior Afrika Selatan yang hadir dalam pertemuan ini, Anil Sooklal, menyatakan dukungannya terhadap pembahasan agenda dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

Menurutnya, satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik di Palestina adalah melalui meja perundingan.

“Hak mutlak warga Palestina untuk memiliki negara sendiri dan untuk punya kebebasan harus kita dukung. Dan saya pikir pertemuan ini akan melahirkan seruan agar semua pihak kembali ke meja perundingan."

Pertemuan pejabat tinggi Asia Afrika ini akan dilanjutkan dengan pertemuan tingkat menteri pada Senin (20/4). Sementara pertemuan antar Kepala Negara atau Summit Meeting akan berlangsung tanggal 22 dan 23 April mendatang. 30 kepala negara dipastikan akan hadir dalam konferensi ini.

XS
SM
MD
LG