Tautan-tautan Akses

AS

Pertemuan Obama-Kongres Bahas Anggaran Tak Capai Kemajuan


Obama mengatakan ia telah "mengalah" demi bekerja sama dengan fraksi Republik. (AP/Susan Walsh)

Obama mengatakan ia telah "mengalah" demi bekerja sama dengan fraksi Republik. (AP/Susan Walsh)

Obama mengatakan ia jengkel dan bahwa penghentian operasional pemerintah sama sekali tidak perlu.

Para pemimpin Kongres Amerika yang hadir dalam pertemuan dengan Presiden Barack Obama, melaporkan tidak ada kemajuan dalam pembahasan mengenai anggaran yang buntu yang telah menyebabkan terhentinya operasional pemerintah federal.

Para pemimpin fraksi Partai Republik dan Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat melakukan pertemuan tertutup dengan Obama selama sekitar satu jam di Gedung Putih Rabu malam (2/10).

Setelah itu, Ketua DPR John Boehner mengatakan Presiden Obama memberitahunya bahwa ia tidak akan menegosiasikan kesepakatan supaya pemerintah kembali beroperasi. Boehner, dari fraksi Republik, mengatakan ia memberitahu presiden ia menginginkan diskusi tentang apa yang disebut "keadilan" terkait program perawatan kesehatan yang diusulkan Obama.

Ketua Senat yang dikuasai fraksi Demokrat, Harry Reid, setelah pertemuan itu mengatakan Demokrat bersedia berbicara dengan fraksi Republik tentang apa saja yang mereka inginkan, asalkan rancangan undang-undang belanja disetujui dan penghentian operasional pemerintah diakhiri.

Gedung Putih menilai pertemuan Rabu itu bermanfaat dan mengatakan presiden senang pertemuan itu dilakukan. Tetapi, sebelum pertemuan itu, Obama mengatakan kepada stasiun televisi CNBC, ia telah "mengalah" demi bekerja sama dengan fraksi Republik. Ia mengatakan, ia jengkel, dan menyatakan penghentian operasional pemerintah sama sekali tidak perlu.
XS
SM
MD
LG