Tautan-tautan Akses

AS

Pertemuan Menteri AS-Rusia di Washington Positif dan Konstruktif


Menlu AS John Kerry berbincang dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Kantor Departemen Luar Negeri AS di Washington (9/8).

Menlu AS John Kerry berbincang dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Kantor Departemen Luar Negeri AS di Washington (9/8).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel bertemu dengan mitra mereka dari Rusia di Washington, Jumat (9/8).

Para pejabat Amerika mengatakan suasana pertemuan dengan Menlu Rusia dan Menhan Rusia di Washington "positif dan konstruktif," namun para pejabat senior itu tidak menghindar dari komentar jujur tentang hubungan yang bermasalah antara kedua negara.

Berbicara di Departemen Luar Negeri, Menteri Kerry mengatakan hubungan Amerika-Rusia ditandai oleh kepentingan-kepentingan bersama dan terkadang "kepentingan yang bertabrakan dan bertentangan."

Para pejabat Amerika mengatakan Kerry menegaskan kembali kekecewaan terhadap keputusan Rusia untuk memberikan suaka kepada mantan pegawai intelijen AS Edward Snowden, yang diinginkan oleh Amerika atas tuduhan spionase.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menunjukkan ketidaksenangan mereka atas pembatalan rencana Presiden Barack Obama untuk bertemu bulan depan dengan Presiden Rusia Vladmir Putin. Namun, Lavrov mengatakan meskipun hubungan tegang, tidak akan kembali ke Perang Dingin.

Dalam konferensi pers hari Jumat, Presiden Obama membantah bahwa ia memiliki hubungan yang buruk dengan Presiden Putin. Namun, ia mengatakan Presiden Putin kadang-kadang muncul “seperti anak yang bosan di deretan belakang` kelas."
XS
SM
MD
LG