Tautan-tautan Akses

Pertempuran Sengit Terjadi di Ukraina Timur


Seorang tentara separatis pro-Rusia mempersiapkan serangan dengan tank di kota Donetsk, Ukraina timur (foto: dok).

Seorang tentara separatis pro-Rusia mempersiapkan serangan dengan tank di kota Donetsk, Ukraina timur (foto: dok).

Pertempuran antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis di bagian timur negara itu berkobar semakin sengit hari Senin (10/8).

Situs kepresidenan Ukraina menyebutkan sekitar 200 separatis yang menggunakan tank-tank menyerang desa Novolaspa. Desa itu terletak antara Donetsk yang dikuasai separatis dan Mariupol yang diduduki pemerintah.

Kepala staf militer Ukraina Viktor Muzhenko mengatakan kepada Presiden Petro Poroshenko bahwa serangan itu berhasil dipukul mundur, menurut situs kepresidenan. Sejumlah laporan lain mengatakan pasukan pemerintah lalu meninggalkan Novolaspa.

Separatis membantah menyerang desa itu dan mengatakan pasukan mereka memang sudah menguasainya. Mereka menuduh pasukan pemerintah yang menggempur desa tersebut.

Lewat Twitter hari Senin, Presiden Poroshenko mengatakan telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Pavlo Klimkin untuk melakukan konsultasi darurat dengan para menteri luar negeri Jerman, Perancis dan Rusia.

Gencatan senjata yang dicapai pemerintah Ukraina dan separatis Februari lalu mewajibkan kedua pihak menarik mundur persenjataan berat.

XS
SM
MD
LG