Tautan-tautan Akses

Pertempuran Memperebutkan Pangkalan Udara India Masuki Hari Ketiga


Seorang tentara India berjaga-jaga di atap sebuah rumah di luar pangkalan udara India di Pathankot, India, Minggu, 3 Januari 2016.

Seorang tentara India berjaga-jaga di atap sebuah rumah di luar pangkalan udara India di Pathankot, India, Minggu, 3 Januari 2016.

Pertempuran memperebutkan satu pangkalan udara India dekat perbatasan Pakistan memasuki hari ketiga hari Senin (4/1).

Para pejabat militer mengatakan paling sedikit dua orang bersenjata tetap bertahan dalam sebuah gedung tempat pertemuan di pangkalan itu.

Pihak berwenang mengatakan paling sedikit 7 tentara dan 4 orang bersenjata telah tewas dalam serangan terhadap pangkalan udara Pathankot itu yang pecah sebelum subuh hari Sabtu.

Seorang pejabat militer mengatakan penyerang “datang dengan persiapan yang baik dan bersenjata berat.”

Para pejabat mengatakan pasukan India mengkonfrontir dua orang bersenjata di satu daerah pepohonan hari Minggu ketika operasi pembersihan dilakukan untuk mengamankan pangkalan di negara bagian Punjab itu. Tidak lama setelah itu, suara ledakan dan tembakan senjata api terdengar.

Pangkalan udara itu menampung puluhan pesawat tempur.

Menteri Dalam Negeri India Rajiv Mehrishi mengatakan kepada para wartawan bahwa tindakan cepat oleh pasukan keamanan menyebakan tidak ada kerusakan aset angkatan udara dan tujuan utama teroris itu dikalahkan.”

Pihak berwenang menuduh militan Islamis yang berbasis di Pakistan sebagai pelaku serangan itu, dan beberapa laporan mengaitkannya dengan kelompok militan Jaish-e-Mohammad.

Momentum usaha perdamaian antara India dan Pakistan meningkat pekan lalu setelah Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya ke Pakistan tanggal 25 Desember. Ini adalah kunjungan pertama ke negara itu oleh seorang perdana menteri India dalam lebih 10 tahun. [gp]

XS
SM
MD
LG