Tautan-tautan Akses

Pertempuran Dilaporkan Berkobar Kembali di Kunduz, Afghanistan


Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi serangan udara di Kunduz, utara Kabul, Afghanistan (2/10).

Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi serangan udara di Kunduz, utara Kabul, Afghanistan (2/10).

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan, para anggotanya melancarkan serangan terhadap pasukan Afghanistan pada pagi hari dan pertempuran terus berlanjut di beberapa bagian penting Kunduz.

Pertempuran baru berkobar hari Selasa di Kunduz, Afghanistan. Ini bertentangan dengan klaim pemerintah selama berhari-hari bahwa pasukan Afghanistan telah mengusir Taliban dan merebut kembali kota yang terkepung itu.

Media setempat mengutip penduduk yang melaporkan bentrokan baru antara pasukan keamanan Afghanistan dan pemberontak Taliban di alun-alun ibukota provinsi tersebut.

Seorang juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan, para anggotanya melancarkan serangan terhadap pasukan Afghanistan pada pagi hari dan pertempuran terus berlanjut di beberapa bagian penting Kunduz.

Pemberontak sempat menguasai kota itu sepekan silam dalam suatu serangan mendadak, tetapi pasukan Afghanistan berhasil merebutnya kembali tiga hari kemudian dan setelah itu mengaku telah menyingkirkan militan Taliban keluar dari kota itu.

Namun sejak itu pertempuran terus berlanjut di beberapa bagian Kunduz sementara pemberontak Taliban juga telah merebut beberapa distrik di dua provinsi di dekatnya dan pasukan Afghanistan berjuang keras untuk menguasai kembali wilayah yang lepas dari mereka.

Komandan koalisi militer pimpinan NATO di Afghanistan, Jenderal John Campbell hari Senin mengakui bahwa pasukan keamanan Afghanistan masih berjuang untuk menyingkirkan pemberontak dari Kunduz. [uh]

XS
SM
MD
LG