Tautan-tautan Akses

91 Tewas dalam Pertempuran dengan Al-Shabab di Somalia


Kelompok militan Al-Shabab berhasil merebut sebuah pulau penting di wilayah Juba Bawah, Sabtu 9/11 (foto: dok).

Kelompok militan Al-Shabab berhasil merebut sebuah pulau penting di wilayah Juba Bawah, Sabtu 9/11 (foto: dok).

Militan Al-Shabab menyerang pasukan pro-pemerintah Somalia di pulau Kudhaa, sebelum fajar Sabtu (8/11) dan menguasai pulau itu.

Para saksi di Somalia selatan mengatakan lebih dari 90 orang tewas dalam pertempuran akhir pekan di mana kelompok militan al-Shabab merebut kembali sebuah pulau penting di wilayah Juba Bawah.

Al-Shabab menyerang pasukan pro-pemerintah di pulau Kudhaa sebelum fajar Sabtu dan menguasai pulau itu dari Administrasi Interim Juba (IJA).

Warga mengatakan kepada VOA bahwa al-Shabab memamerkan 43 mayat pejuang IJA di pantai setelah pertempuran itu dan kemudian mengeksekusi sembilan anggota IJA dan delapan warga sipil yang dituduh bekerja sama dengan pemerintah.

Sejumlah sumber mengatakan kepada VOA bahwa al-Shabab kehilangan 31 orang dalam pertempuran itu, membuat korban tewas menjadi 91.

Kudhaa, terletak 130 kilometer di barat daya Kismayo, direbut pasukan pro-pemerintah dari al-Shabab dua minggu lalu. Para militan telah menggunakan pulau itu untuk mengekspor arang, sumber pendapatan utama bagi kelompok tersebut.

XS
SM
MD
LG