Tautan-tautan Akses

Pertempuran Berlanjut di Sekitar Bendungan Penting di Irak


Bendungan Mosul, 160 kilometer barat laut Baghdad, Irak.

Bendungan Mosul, 160 kilometer barat laut Baghdad, Irak.

Pasukan Kurdi dan pasukan Irak hari Minggu (17/8) terlibat dalam bentrokan dengan militan Negara Islam (ISIS) dekat bendungan strategis di Irak Utara.

Pasukan Kurdi diberitakan telah membuat sejumlah kemajuan dalam usahanya melawan para militan itu.

Pada hari Sabtu (16/8), pesawat-pesawat tempur Amerika melakukan serangan-serangan di daerah itu untuk memberikan perlindungan bagi pasukan Kurdi dan pasukan Irak ketika mereka berjuang untuk merebut kembali bendungan Mosul dari para militan yang berhasil mendudukinya sebelumnya bulan ini.

Militer Amerika mengatakan, 9 serangan udara menghancurkan atau merusak sejumlah kendaraan panser, sebuah kendaraan lapis baja, dan sejumlah Humvee.

Para pejabat mengatakan, serangan udara itu melibatkan jet-jet tempur dan pesawat-pesawat tak berawak.

Bendungan yang terletak di Sungai Tigris itu merupakan bendungan terbesar di Irak, dan menyuplai listrik ke sebagian besar wilayah negara itu.

Di tempat lain, hari Sabtu, para saksi mengatakan, militan ISIS membantai 80 orang, kebanyakan dari mereka adalah anggota kelompok minoritas agama Yazidi, dalam serangan terhadap desa Kocho di Irak utara.

Amerika pertama kali melancarkan serangan udara awal bulan ini terhadap ISIS sebagai bagian dari usaha mencegah pembantaian terhadap ribuan orang Yazidi yang terjebak di kawasan pegunungan di Irak utara.

XS
SM
MD
LG