Tautan-tautan Akses

Pertempuran Baru Tunda Bantuan ke Homs, Suriah


Bekas tembakan peluru di mobil milik organisasi bantuan Syrian Red Crescent (Bulan Sabit Merah) di Homs (8/2).

Bekas tembakan peluru di mobil milik organisasi bantuan Syrian Red Crescent (Bulan Sabit Merah) di Homs (8/2).

Organisasi bantuan Bulan Sabit Merah Suriah mengatakan pengemudi salah satu truk bantuannya terluka setelah penyerang tak dikenal menembaki kendaraannya.

Pertempuran baru menghambat upaya bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Homs, daerah di Suriah yang dilanda perang, Sabtu (8/2), sehari setelah perjanjian penghentian kekerasan selama tiga hari mulai diberlakukan.

Bulan Sabit Merah Suriah mengatakan pengemudi salah satu truk bantuannya terluka setelah penyerang tak dikenal menembaki kendaraannya. Organisasi bantuan itu juga mengatakan tembakan mortir jatuh pada jarak sangat dekat dengan konvoinya, sementara tembakan dilaporkan di beberapa daerah di Homs.

Pemerintah Suriah dan oposisi saling menyalahkan atas kerusuhan itu, pelanggaran terhadap kesepakatan penghentian kekerasan yang dimaksudkan guna memungkinkan pengiriman bantuan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di kota itu dan memungkinkan warga sipil untuk pergi.

Dalam perkembangan lain Sabtu, aktivis oposisi mengatakan, pasukan pemerintah Suriah memperbarui serangan mereka terhadap Aleppo, kota di bagian utara Suriah. Aktivis Syrian Observatory for Human Rights mengatakan setidaknya 15 orang tewas setelah pasukan pemerintah menjatuhkan bahan peledak mentah yang disebut bom drum terhadap kota itu.

PBB mengatakan pihaknya masih berencana melanjutkan misi kemanusiaannya di Homs. Pejabat-pejabat PBB mengatakan bantuan itu mencakup makanan, medis dan kebutuhan pokok lain bagi ribuan orang.
XS
SM
MD
LG