Tautan-tautan Akses

Pertarungan Nominasi Capres Partai Republik Beralih ke Barat


Mitt Romney membawa momentum kemenangan meyakinkan di Florida ke negara bagian Nevada.

Mitt Romney membawa momentum kemenangan meyakinkan di Florida ke negara bagian Nevada.

Para capres partai Republik memusatkan upaya-upaya pada kaukus di dua negara bagian berikutnya, Minnesota dan Nevada.

Mitt Romney, calon presiden Amerika dari partai Republik, kini melanjutkan kampanyenya dengan status kontestan terunggul ke serangkaian kontes dan pemilihan pendahuluan kecil mulai pekan ini, di negara bagian Nevada.

Kampanye Mitt Romney itu hari Rabu akan memusatkan upaya-upaya pada kaukus di dua negara bagian berikutnya – Minnesota dan Nevada – yang akan menyelenggarakan kaukus berikutnya hari Sabtu.

Mantan gubernur Massachusetts itu menyampaikan pesan untuk Presiden Barack Obama setelah kemenangan mantap dalam pemilu pendahuluan hari Selasa di Florida. Romney mengatakan, “Pak Presiden… anda dipilih untuk memimpin, anda memilih untuk berada di belakang dan ini saatnya anda tidak menghadang dari jalan”.

Nevada bisa memberi dukungan lagi bagi Mitt Romney yang telah memenangkan kaukus kepresidenan Partai Republik tahun 2008.

Mitt Romney memenangkan 46 persen suara di Florida hari Selasa, jauh diatas pesaing terdekatnya – Newt Gingrich – yang hanya meraih 32 persen suara. Tetapi setelah pemilihan pendahuluan di Florida, Newt Gingrich yakin akan kemampuannya dan memindahkan kampanyenya ke Nevada seperti yang dijanjikan.

“Kini anda akan melihat sejumlah orang yang memegang poster tentang 46 negara bagian lagi. Kita melakukan ini antara lain untuk elit media karena – anda tahu – orang sama yang mengatakan saya tidak akan berkutik lagi pada bulan Juni dan Juli, dan mengatakan saya akan habis setelah kaukus Iowa, yang kemudian benar-benar terdiam setelah kemenangan di South Carolina, dan kini kembali lagi dengan mengatakan “apa yang akan dilakukannya?”. Jadi saya hanya ingin meyakinkan mereka malam ini, kami akan bertarung di setiap tempat dan kami akan menang, kami akan berada di Tampa sebagai calon utama bulan Agustus,” ujar Gingrich.

Negara bagian Nevada mungkin memberi sejumlah dukungan yang dibutuhkan Ron Paul, yang berada jauh di belakang calon-calon Partai Republik lainnya. Anggota Kongres dari Texas itu tidak hadir pada hari-hari terakhir kampanye di Florida untuk mulai mengumpulkan dukungan di Nevada dan Maine – yang akan memulai kaukus selama satu minggu mulai hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG