Tautan-tautan Akses

Pertandingan Tanpa Penonton di Baltimore, Pertama Kali dalam Sejarah Baseball


Pemain right field Baltimore Orioles Delmon Young menangkap bola dari Avisail Garcia, pemain Chicago White Sox pada inning kedua pertandingan baseball antara kedua tim, Rabu (29/4).

Pemain right field Baltimore Orioles Delmon Young menangkap bola dari Avisail Garcia, pemain Chicago White Sox pada inning kedua pertandingan baseball antara kedua tim, Rabu (29/4).

Sejarah baseball di Amerika mulai bergulir sejak 114 tahun lalu, tapi pertandingan yang berlangsung Rabu di Baltimore ini unik: untuk pertama kalinya para penonton tidak diperbolehkan masuk ke dalam stadion untuk menonton pertandingan liga utama baseball.

Akibat penjarahan dan kerusuhan yang berlangsund di Baltimore, dua pertandingan antara Baltimore Orioles dan Chicago White Sox yang dijadwalkan berlangsung Senin dan Selasa lalu sudah harus ditunda. Sementara itu, jam malam yang berlangsung antara jam 10 malam hingga jam 5 pagi masih diterapkan di Baltimore, kota yang berjarak 60 kilometer dari ibukota AS.

Major League Baseball memutuskan untuk tetap melangsungkan pertandingan Rabu, tapi tidak memperbolehkan penonton untuk masuk - termasuk mereka yang telah memiliki tiket - karena khawatir pertandingan akan memicu kerusuhan. Pertandingan juga digelar lebih awal dari jadwal semula, dari malam ke siang hari.

Manajer tim Orioles Buck Showalter mengatakan keputusan diambil dengan mempertimbangkan apa yang terbaik bagi keamanan warga Baltimore. "Kami tidak ingin menempatkan para fans dalam keadaan bahaya."

Jadi, dalam pertandingan Rabu di stadion Camden Yards, tidak terlihat ada penjual menjajakan kacang atau bir, kios-kios suvenir di stadion juga tutup. Semua pintu masuk dikunci kecuali satu, yang terbuka bagi media.

Pertandingan yang unik ini memang mengundang perhatian para reporter dan fotografer. Bilik pers di stadion hampir penuh terisi mulai dari tiga jam sebelum pertandingan dimulai.

Pertandingan tertutup pernah beberapa kali dilangsungkan untuk sepakbola, terutama di Eropa. Ini dilakukan untuk mencegah kekerasan yang dipicu para penggemar berkelakuan liar. Namun di Amerika Serikat, kerusuhan masal hampir tidak pernah mempengaruhi berlangsungya pertandingan olahraga.

Saat terjadi kerusuhan di Los Angeles tahun 1992, tim baseball Dodgers menunda serangkaian pertandingan melawan Montreal Expos. Di tahun 1967, Orioles dan Detroit Tigers menunda sebuah pertandingan akibat kerusuhan di Detroit.

Sejarawan baseball mengatakan ini adalah untuk pertama kalinya sebuah pertandingan baseball di AS berlangsung tanpa satupun penonton. Rekor terendah sebelumnya dicatat tahun 1882, ketika hanya ada enam penonton menghadiri pertandingan antara Worcester Ruby Legs dan Troy Trojans - dua tim yang sudah tidak aktif lagi sejak abad ke-19.​

XS
SM
MD
LG