Tautan-tautan Akses

Persidangan 2 Wartawan Turki Ditangguhkan


Dua wartawan Turki, Erdem Gul (kiri) dan Can Dundar (kanan) berbicara kepada media di Istanbul, Turki setelah penundaan sidang mereka Jumat (25/3).

Dua wartawan Turki, Erdem Gul (kiri) dan Can Dundar (kanan) berbicara kepada media di Istanbul, Turki setelah penundaan sidang mereka Jumat (25/3).

Hakim Turki menangguhkan persidangan atas dua wartawan yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata dan membantu organisasi teroris.

Hakim Turki hari Jumat (25/3) menangguhkan persidangan atas dua wartawan yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata dan membantu organisasi teroris karena laporan mereka yang menuduh pemerintah menyelundupkan senjata ke Suriah.

Can Dundar kepala redaksi harian Cumhuriyet dan Erdem Gul kepala bironya di Ankara, bisa menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah.

Kasus mereka menarik perhatian internasional karena dianggap sebagai ujian bagi kebebasan pers, di sidangkan hari Jumat tapi ditunda sampai 1 April setelah pengacara dan politisi oposisi mengabaikan keputusan hakim untuk menutup sidang itu bagi publik.

Kedua laki-laki itu dituduh menerbitkan photo-photo truk-truk menuju Suriah pada bulan Januari 2014 yang menurut harian itu membuktikan Turki menyelundupkan senjata ke negara itu.

Sejak itu Presiden Recep Tayyip Erdogan mengakui truk-truk yang dihentikan oleh polisi Turki dalam perjalanan menuju perbatasan Suriah itu milik badan intelijen dan membawa bantuan untuk orang-orang Turkmenistan di Suriah yang memerangi Presiden Bashar al-Assad dan ISIS. [my/ii]

XS
SM
MD
LG