Tautan-tautan Akses

Persetujuan Dicapai dalam Protes Sensor Media di Tiongkok


Pemogokan para wartawan yang menentang sensor media di Guangzhou berakhir setelah dicapainya persetujuan sementara (9/1).

Pemogokan para wartawan yang menentang sensor media di Guangzhou berakhir setelah dicapainya persetujuan sementara (9/1).

Persetujuan sementara itu mengakhiri pemogokan yang telah berlangsung satu minggu menentang penyensoran media pemerintah di Guangzhou, Tiongkok selatan.

Para pejabat pemerintah dan wartawan di sebuah suratkabar di Tiongkok selatan dilaporkan telah mencapai persetujuan sementara untuk mengakhiri pemogokan yang telah berlangsung satu minggu menentang penyensoran media pemerintah.

Walaupun banyak rincian persetujuan itu masih tidak jelas, laporan mengatakan para redaktur yang melakukan pemogokan telah setuju untuk kembali bekerja dan akan menerbitkan edisi berikut Southern Weekly seperti biasanya pada hari Kamis.

Dengan mengutip sumber-sumber yang dekat dengan perundingan itu, beberapa laporan mengatakan para staf yang mogok tidak akan menghadapi hukuman dan pemerintah setuju untuk memperlonggar pengawasan pers.

Doug Young, seorang profesor jurnalisme di Universitas Fudan di Shanghai, mengatakan kepada VOA bahwa konsesi tersebut kemungkinan merupakan hasil terbaik bagi para wartawan.

Sengketa itu mulai pekan lalu ketika sensor pemerintah mem-blok tajuk rencana yang mendesakkan reformasi politik, dan menggantinya dengan artikel yang memuji Partai Komunis. Sengketa tersebut segera beralih menjadi protes online seluruh negara itu menentang penyensoran media yang ketat di Tiongkok, dan para artis dan para tokoh terkenal lain menyatakan dukungan pada suratkabar itu.
XS
SM
MD
LG