Tautan-tautan Akses

Persemakmuran Inggris Setujui Perubahan Suksesi


UU baru persemakmuran mengakhiri preferensi laki-laki sebagai pewaris tahta, yang berarti anak pertama Pangeran William dan Kate Middleton akan dilahirkan sebagai calon Raja atau Ratu (foto: dok).

UU baru persemakmuran mengakhiri preferensi laki-laki sebagai pewaris tahta, yang berarti anak pertama Pangeran William dan Kate Middleton akan dilahirkan sebagai calon Raja atau Ratu (foto: dok).

Negara-negara di Persemakmuran Inggris telah memberi persetujuan resmi bagi UU yang mengakhiri preferensi laki-laki dalam daftar suksesi pewaris tahta.

Wakil Perdana Menteri Nick Clegg hari Selasa berjanji UU itu akan diubah secepatnya.
Langkah itu disetujui oleh para perdana menteri ke 15 negara persemakmuran yang mengakui Ratu Inggris Elizabeth sebagai kepala negara mereka.

UU baru tersebut begitu disahkan oleh parlemen Inggris akan berarti anak pertama Pangeran William dan istrinya Catherine akan dilahirkan sebagai calon Raja atau Ratu. Istana St. James hari Senin mengumumkan bahwa pasangan kerajaan yang dikenal sebagai Duke and Duchess of Cambridge kini menantikan kelahiran bayi mereka.

Anak Pangeran William dan Catherine akan menggeser Pangeran Harry untuk menduduki ke tiga tahta kerajaan dibelakang Putra pertama Ratu Elizabeth Pangeran Charles dan putranya Pangeran William.

Selama berabad-abad, preferensi diberikan kepada pewaris laki-laki , dengan demikian seorang putri yang pertama dilahirkan bisa dilangkahi oleh adiknya laki-lakinya.

Kehamilan Catherine diumumkan hari Senin setelah ia masuk RS karena menderita muntah-muntah yang akut. Pejabat istana mengatakan kini keadaannya sudah membaik namun akan tetap berada di RS selama beberapa hari. Pejabat Istana mengatakan kehamilannya kurang dari 12 minggu. Tanggal kelahiran belum diumumkan.

Pangeran William menikahi Kate Middleton tanggal 29 April, 2011 di Westminster Abbey dalam upacara yang disaksikan sekitar 2 milyar . orang di seluruh dunia.
XS
SM
MD
LG