Tautan-tautan Akses

Persediaan Obat Leukemia di Amerika Menipis


Gambar sel-sel kanker darah atau leukemia (Foto: ilustrasi). Persediaan Methotrexate (obat kanker tanpa bahan pengawet) menipis di Amerika.

Gambar sel-sel kanker darah atau leukemia (Foto: ilustrasi). Persediaan Methotrexate (obat kanker tanpa bahan pengawet) menipis di Amerika.

Tiga organisasi kanker besar di Amerika mengatakan persediaan obat leukimia semakin menipis, sehingga bisa habis dalam hitungan hari.

Beberapa organisasi yang mewakili dokter dan peneliti di Amerika, mengirim surat kepada para pimpinan eksekutif empat perusahaan obat besar Amerika, dan secara pribadi mendesak perusahaan-perusahaan itu agar segera menambah produksi methotrexate. Organisasi tersebut antara lain American Society of Clinical Oncology, American Cancer Society of Pediatric Hematology and Oncology, dan Children’s Oncology Group.

Senator Fraksi Demokrat dari Negarabagian Minnesota, Amy Klobuchar, mengirim surat serupa secara terpisah kepada para pimpinan perusahaan itu.

Methotrexate, adalah obat leukimia tanpa bahan pengawet yang dipercaya sangat manjur digunakan untuk mengobati anak-anak penderita penyakit itu. Methotrexate berhasil menyembuhkan hampir 90 persen dari sekitar 3.500 anak dan remaja yang didiagnosis menderita leukemia limfoblastik akut (ALL) setahunnya. Pasien muda membutuhkan jenis obat itu karena pengawet kimia bisa membahayakan anak-anak.

Ketiga organisasi kanker itu memperingatkan, menipisnya persediaan yang berakibat pada penjatahan obat itu mungkin bisa mengakibatkan kematian pada anak-anak penderita ALL.

Persediaan methotrexate tanpa bahan pengawet menipis sejak akhir tahun lalu ketika perusahaan obat besar, Ben Venue Laboratories, menghentikan produksinya, karena masalah pengawasan kualitas, keamanan produk, dan pemeliharaan peralatan paberiknya. Perusahaan itu mengatakan akan terus berupaya mengatasi masalahnya.

Data Pemerintah Amerika menunjukkan, antara 2005 dan 2010 laporan obat-obatan yang persediannya menipis di Amerika naik hampir tiga kali, dari 61 jenis obat menjadi 178.

XS
SM
MD
LG