Tautan-tautan Akses

Persaingan Perebutan Oscar 2016

  • Penelope Poulou

Leonardo DiCaprio saat menghadiri pemutaran perdana film "The Revenant" di Hollywood, California, 16 Desember 2015.

Leonardo DiCaprio saat menghadiri pemutaran perdana film "The Revenant" di Hollywood, California, 16 Desember 2015.

Nominasi Academy Awards menandai dimulainya kontes Oscar. Tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada film yang menggugah perasaan, menampilkan wajah baru, dan film yang mendorong persaingan ketat.

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences menyukai film-film berkualitas dan berbiaya besar mengenai orang-orang dalam dunia nyata. The Revenant arahan sutradara pemenang Oscar, Alejandro Inarritu dan sinematografer Emmanuel Lubezki sebagian dibuat berdasarkan kisah nyata. Film itu mengangkat tentang hubungan keluarga dan kegigihan manusia. Tetapi film itu menghadapi persaingan berat.

“Spotlight” adalah film yang menggugah pemikiran dengan dialog kuat, para pemeran terkenal, sutradara berbakat Tom McCarthy dan penulis skenario Josh Singer.

Film itu dengan perlahan-lahan menceritakan bagaimana Spotlight, tim investigasi dari surat kabar Boston Globe, mengungkap skandal pelecehan anak besar-besaran dalam Keuskupan Katolik Boston dan skala yang lebih luas. Seperti film 1976 All the President’s Men, Spotlight menyoroti bagaimana kekuatan kebebasan pers berperan besar dalam mengungkap korupsi pada tingkat tertinggi.

Dalam The Danish Girl, Hollywood mengisahkan tentang perjuangan yang dihadapi pelukis transgender Einer Wegener yang mengubah dirinya menjadi Lily Elbe pada tahun 1920an di Copenhagen.

Sutradara pemenang Oscar Hooper menggambarkan keintiman Einer dan pasangannya Gerda, dan menekankan dialog mengenai gender dan seksualitas. Setelah memenangkan Oscar lewat perannya sebagai Stephen Hawking tahun lalu, Eddie Redmayne mengubah dirinya menjadi Lily yang rentan namun pemberani. Penampilannya yang meyakinkan mungkin bisa membuatnya memenangkan Oscar dua tahun berturut-turut sebagai Aktor Terbaik.

Tetapi Redmayne harus bersaing di antaranya dengan Leonardo DiCaprio yang memerankan pemburu Hugh Glass dalam The Revenant, dan Michael Fassbender dalam Steve Jobs arahan Danny Boyle. Persaingan yang sulit, tapi tidak seketat kategori Aktris Terbaik.

Cate Blanchett difavoritkan atas perannya sebagai lesbian kaya, Carol, dalam drama romantis karya Todd Haynes mengenai hubungan cinta antara dua perempuan tahun 1950an di New York.

Brie Larson juga berkesempatan merebut Oscar atas perannya sebagai Ma dalam film mencekam, Room. Larson memerankan perempuan muda korban penculikan yang disandera di sebuah ruang gelap namun tetap mendedikasikan dirinya untuk putranya, yang lahir dari hasil perkosaan oleh penculiknya.

Akting Larson yang kuat dibantu oleh ikatan yang erat dengan Jacob Tramblay yang memerankan Jack, puteranya yang berusia 5 tahun.

Unggulan Oscar lainnya adalah komedi karya Adam McKay, The Big Short yang diperankan artis ternama seperti Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling dan Brat Pitt mengenai krisis ekonomi pertengahan tahun 2000-an.

Juga memperebutkan penghargaan Academy Awards adalah Mad Max: Fury Roadarahan sutradara George Miller dan para pemain papan atas seperti Tom Hardy, Charlize Theron dan Nicholas Hoult. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG