Tautan-tautan Akses

AS

Perpustakaan Los Angeles Rilis Rekaman Terakhir Presiden Nixon di Gedung Putih


Presiden Richard Nixon mengundurkan diri pada 9 Agustus 1974 dan sebulan kemudian ia diampuni oleh Presiden Gerald Ford (Foto: dok).

Presiden Richard Nixon mengundurkan diri pada 9 Agustus 1974 dan sebulan kemudian ia diampuni oleh Presiden Gerald Ford (Foto: dok).

Rekaman pembicaraan telepon rahasia dan beberapa rapat selama 340 jam terakhir Presiden Richard Nixon di Gedung Putih, dirilis Museum dan Perpustakaan Nixon di Los Angeles.

Museum dan Perpustakaan Nixon di pinggiran kota Los Angeles mengatakan petikan-petikan pembicaraan 340 jam terakhir Presiden Richard Nixon di Gedung Putih, terjadi antara tanggal 9 April hingga 12 Juli 1973, beberapa hari sebelum sistem rekaman rahasia itu diungkapkan kepada komite Senat yang menyelidiki skandal Watergate.

Rekaman itu mencakup pembicaraan tentang beberapa isu – termasuk Watergate, Vietnam dan KTT antara Presiden Amerika Richard Nixon dan pemimpin Uni Sovyet Leonid Brezhnev. Tokoh-tokoh politik yang ada dalam rekaman itu antara lain George HW. Bush, Ronald Reagan, Gerald Ford, Alexander Haig dan Henry Kissinger.

Rekaman itu juga mencakup petikan pertemuan dan telepon dengan kepala-kepala negara, termasuk Haile Selassie dari Ethiopia, Giulio Andreotti dari Italia, Willy Brandt dari Jerman dan Pierre Trudeau dari Kanada.

Rekaman-rekaman audio itu merupakan bagian terakhir rekaman sepanjang tiga ribu jam yang dibuat antara bulan Februari 1971 dan Juli 1973.

Perpustakaan itu juga menyediakan lebih dari 140 ribu halaman materi cetak.

Masa jabatan kedua Richard Nixon dengan cepat dihantam skandal Watergate yang berawal tahun 1972 ketika beberapa pejabat terkait komite pemilihan kembali Nixon, memasuki markas Partai Demokrat untuk berupaya memperoleh informasi memalukan tentang lawan-lawan politiknya.

Rekaman itu mencakup periode ketika terjadi pengunduran diri dua pejabat tinggi Gedung Putih dan jaksa agung dalam satu hari, penunjukkan jaksa khusus Watergate dan pembentukan komite Senat yang akan mendengar kesaksian yang memberatkan.

Menghadapi pemakzulan dan kemungkinan dakwaan kriminal, Richard Nixon mengundurkan diri tanggal 9 Agustus 1974, lebih dari satu tahun setelah rekaman pembicaraan itu berakhir. Nixon diampuni satu bulan kemudian oleh Presiden Gerald Ford.

Rekaman lain sepanjang 700 jam semasa Richard Nixon di Gedung Putih masih bersifat rahasia atau terbatas karena alasan privasi dan keamanan nasional.
XS
SM
MD
LG