Tautan-tautan Akses

Subsidi Berkurang, Perpustakaan di AS Lancarkan Kampanye Cari Dana

  • Nina Keck

Perpustakaan umum di Rutland, Vermont memajang poster penjual hotdog terkenal Lenny Mantouri sebagai bagian dari kampanye "Geek the Library".

Perpustakaan umum di Rutland, Vermont memajang poster penjual hotdog terkenal Lenny Mantouri sebagai bagian dari kampanye "Geek the Library".

Akibat semakin berkurangnya subsidi pemerintah, banyak perpustakaan di seluruh Amerika melancarkan kampanye untuk meningkatkan citra dan pendanaan mereka.

Di perpustakaan umum di Rutland, Vermont, selain tersedia buku dan DVD, juga ada buku-buku elektronik dan peralatan e-book, serta bahan-bahan yang bisa diunduh dari internet, seperti berkas-berkas audio dan data-data yang bisa dipakai untuk membantu mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah sampai mencari pekerjaan. Sayangnya banyak orang tidak tahu tentang hal itu.

Itulah masalahnya. Apabila banyak orang tidak tahu tentang berbagai fasilitas yang ada di perpustakaan, pendanaan perpustakaan kemungkinan dikurangi.

Jenny Johnson, Direktur Eksekutif Pemasaran Online Computer Library Center (OCLC), organisasi nirlaba yang membantu perpustakaan di seluruh dunia, mengatakan, sementara banyak iklan pemasaran mendorong penggunaan perpustakaan, tidak satu pun terfokus pada upaya meningkatkan pendanaan bagi perpustakaan.

Namun, setelah adanya bantuan enam juta dolar dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, OCLC memastikan diri bisa mengubah hal itu.

Mereka menyewa perusahaan Leo Burnett untuk melancarkan kampanye mendorong orang lebih banyak menggunakan fasilitas perpustakaan. Charley Wickman, anggota tim kampanye itu, mengatakan mereka harus menghapus semua klise.

“Perpustakaan selalu sepi, isinya hanya rak-rak buku. Ini yang ada di benak banyak orang,” ujar Wickman.

Untuk membuang pemikiran seperti itu, Wickman memajang foto orang-orang yang biasa ke perpustakaan dan memberi nama masing-masing foto Geek the Library atau pencinta perpustakaan.

Lisa Miser, pegawai perpustakaan di Proctor, Vermont punya beberapa foto Geek the Library yang dipajang di perpustakaannya. Di bawah foto orang yang menyukai mitologi ada tulisan I Geek Mythology, untuk yang menyukai makanan panggang ditulisi I Geek Barbecue, dan sebagainya.

Miser mengatakan, “Saya suka dengan cara foto atau poster-poster itu dibuat. Dampaknya sangat positif bagi banyak orang dan memang itu yang kami inginkan; membuat orang tergerak.”

Pihak OCLC setuju. Ketika poster-poster itu dipajang di perpustakaan-perpustakaan di Georgia selatan dan Iowa tahun lalu, tanggapan publik terhadap kampanye itu luar biasa.

Malaina Elliott, warga kota Rutland, pergi meminjam buku ke perpustakaan menyempatkan diri mengamati salah satu poster seorang pegawai sekolah yang bertuliskan I Geek Penguins.

Ia mengatakan, “Betul-betul hebat; perpustakaan berusaha kuat untuk membuat orang lebih banyak pergi ke perpustakaan.”

Kepala perpustakaan Rutland di Vermont, Paula Baker, berharap hal itu bisa lebih mendorong orang menulis suart kepada pejabat pemerintah setempat yang berisi “jam operasi perpustakaan jangan dikurangi dan kami perlu lebih banyak program bagi anak-anak.”

Ke depannya apabila perpustakaan membutuhkan sumbangan, ia berharap warga juga tidak sungkan menjadi Geek of Checkbooks, tidak segan menulis cek.

XS
SM
MD
LG