Tautan-tautan Akses

Perolehan Suara Kandidat Capres AS 2016 Ketat


Kandidat capres partai Republik Donald Trump (kiri) dan Ted Cruz dalam acara debat di Las Vegas, Nevada bulan lalu (foto: dok).

Kandidat capres partai Republik Donald Trump (kiri) dan Ted Cruz dalam acara debat di Las Vegas, Nevada bulan lalu (foto: dok).

Kandidat capres partai Republik Donald Trump dan Ted Cruz bersaing ketat dalam perolehan suara di Iowa, sementara bakal capres partai Demokrat Hillary Clinton dan Bernie Sanders juga bersaing ketat.

Kontestan calon presiden Partai Republik Donald Trump dan Ted Cruz bersaing ketat dalam perolehan suara di Iowa, sedangkan Hillary Clinton dan Bernie Sanders dari Partai Demokrat juga bersaing ketat, menurut jajak pendapat baru NBC News/Wall Street Journal/Marist.

NBC dan Wall Street Journal melaporkan perbedaan angka antara Clinton dan Sanders juga masih dalam batas kesalahan di New Hampshire, sedangkan Trump unggul 16 poin di negara bagian itu.

Iowa menggelar kaukus pada 1 Februari, sedangkan pemilihan pendahuluan di New Hampshire pada 9 Februari.

Jajak pendapat itu menunjukkan, Clinton unggul 48 persen dari Sanders, senator Vermont, dengan 45 persen di kalangan pemilih dalam kaukus Demokrat di Iowa. Sanders mengalahkan mantan menteri luar negeri Clinton di kalangan pemilih dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire, 50 persen dibanding 46 persen.

Di Iowa, Cruz, senator Amerika dari Texas, unggul dari Donald Trump, 28 persen dibanding 24 persen di kalangan pemilih kaukus, perbedaan dalam margin kesalahan jajak pendapat itu. Senator Florida Marco Rubio berada di tempat ketiga, dengan 13 persen. Trump jauh unggul di New Hampshire, dengan 30 persen. Rubio di posisi kedua di New Hampshire, dengan dukungan 14 persen. [ka/al]

XS
SM
MD
LG