Tautan-tautan Akses

Pangeran William Nikahi Catherine Middleton dalam Upacara Spektakuler


Pangeran William dan isterinya Catherine 'Duchess of Cambridge' melambai dari balkon Istana Buckingham setelah melakukan upacara pernikahan di Westminster Abbey di London (29/4).

Pangeran William dan isterinya Catherine 'Duchess of Cambridge' melambai dari balkon Istana Buckingham setelah melakukan upacara pernikahan di Westminster Abbey di London (29/4).

Istana Buckingham telah mengumumkan bahwa setelah menikah, William dan Kate akan diberi gelar Duke dan Duchess of Cambridge.

Pangeran Kerajaan Inggris William yang baru saja menikah dengan Catherine Middleton, yang sekarang resmi bergelar Duke dan Duchess of Cambridge, telah sangat membahagiakan di Westminster Abbey, dan mendapatkan sambutan hangat dan berlangsung lama dari hadirin dan mereka yang menyaksikan.

Mereka naik kereta terbuka kerajaan Inggris ke Buckingham Palace untuk makan siang dengan tuan rumah Ratu Elizabeth. Tidak seperti ramalan cuaca, langit cerah dan mata hari bersinar terang.

William dan Catherine mengambil sumpah pernikahan mereka dalam upacara spektakuler yang tidak pernah disaksikan di Inggris sejak pernikahan orang-orang tua William tahun 1981, yakni Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana..

Pasangan muda itu tampil dengan khidmat dan sedikit malu-malu ketika mereka mengatakan “I will” di depan 1900 tamu dan sekitar dua milyar pirsawan tv dan internet serta media lain. Di antara tamu-tamu yang diundang keluarga kerajaan adalah juara renang Australia Ian Thorpe, bintang sepak bola Inggris David Beckham, dan ikon musik Inggris Elton John.

Sementara, sekitar 2 milyar penonton lainnya menyaksikan peristiwa itu melalui televisi, internet, atau media lain. Upacara pernikahan William dan Kate ini juga disiarkan oleh YouTube. Dan, ratusan ribu orang berderet di jalan-jalan London untuk menyaksikan sepintas lalu pasangan kerajaan itu.

Dengan senyum ceria, mempelai perempuan Catherine Middleton berdiri bersanding dengan suaminya, Pangeran William di balkon berhias kain berwarna merah dan keemasan di Istana Buckhingham dan melambai-lambai ke ribuan pemberi selamat yang berkumpul di jalan-jalan untuk menyambut anggota terbaru keluarga kerajaan Inggris.

Ratusan ribu warga Inggris menyaksikan dari layar lebar di London, kedua pasangan kerajaan melakukan 'ciuman pertama' setelah menikah (29/4).

Ratusan ribu warga Inggris menyaksikan dari layar lebar di London, kedua pasangan kerajaan melakukan 'ciuman pertama' setelah menikah (29/4).

Pasangan "Duke dan Duchess of Cambridge" itu kemudian mempertontonkan ciuman pertama mereka di depan umum yang disambut meriah oleh penonton di hadapan mereka. Setelah itu, Duke bersama istrinya menaiki mobil Aston Martin yang atapnya dibuka. Balon-balon diikat di bagian belakang mobil yang pelat nomornya bertuliskan “JU5T WED”.

Sebelumnya, Catherine tampak mengatakan “wow” kepada suaminya sewaktu mereka muncul di balkon dan melambai-lambai kepada para penyambutnya. Pasangan itu tampak bahagia sewaktu berciuman sebentar. Beberapa saat kemudian, dengan sorakan massa, mereka saling mendekati, tersenyum, dan berciuman lebih lama.

Ikut tampil di balkon itu Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, Pangeran Charles dan Camilla, orang tua Catherine dan beberapa hadirin berusia muda lainnya. Pesawat-pesawat Angkatan Udara Inggris dan Battle of Britain Memorial Flight terbang di atas istana beberapa menit kemudian.

Catherine menunjukkan pesawat-pesawat itu ke gadis pembawa bunga termuda, yang terlihat menutupi telinganya. Setelah rombongan pengiring pengantin lainnya meninggalkan balkon, William dan Catherine memberi lambaian terakhir sebelum memasuki ruangan istana Buckingham.

XS
SM
MD
LG