Tautan-tautan Akses

Permintaan Konsumen Meningkat di Seluruh Dunia


Peningkatan belanja konsumen merupakan indikator pulihnya ekonomi.

Peningkatan belanja konsumen merupakan indikator pulihnya ekonomi.

Permintaan yang meningkat di seluruh dunia merupakan pertanda pemulihan ekonomi dunia terus berlanjut.

Laporan ekonomi yang keluar pada hari Rabu mengisyaratkan permintaan meningkat di seluruh dunia, pertanda pemulihan ekonomi terus berlanjut. Data dari Departemen Perdagangan Amerika menunjukkan permintaan Amerika untuk barang dari luar negeri tumbuh pada bulan Maret sementara belanja konsumen meningkat di negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu.

Permintaan untuk barang buatan Amerika juga tumbuh sementara perekonomian Asia pulih. Namun, laju pertumbuhan ekspor Amerika lebih lambat dibanding impor, sehingga defisit perdagangan Amerika membesar 2,5 persen pada bulan Maret.

Sebelumnya pada hari Rabu, sebuah laporan lain menunjukkan perekonomian zona euro yang terdiri dari 16 negara, tumbuh 0,2 persen dalam 3 bulan pertama tahun ini. Pertumbuhan yang sangat kecil ini merupakan perbaikan bagi zona Euro dibanding kuartal sebelumnya dan terjadi pada masa krisis ekonomi di Yunani.

Bukti pemulihan juga datang dari Nissan, salah satu produsen utama mobil Jepang. Kerugian Nissan dari beberapa bulan pertama tahun ini menciut tajam sementara permintaan akan mobil meningkat di seluruh dunia, khususnya di Tiongkok.

XS
SM
MD
LG