Tautan-tautan Akses

AS

Perluasan Kereta Api Bawah Tanah di New York Dibuka


Penumpang di kereta bawah tanah di kota New York.

Penumpang di kereta bawah tanah di kota New York.

Perluasan jalur ini diperkirakan akan membuat lebih dari 30 ribu orang melewati daerah yang kini sedang mengalami pembangunan pesat itu.

Stasiun kereta api bawah tanah baru pertama di kota New York dalam 25 tahun terakhir, dibuka hari Minggu (13/9). Jalur kereta api ini menghubungkan Times Square dengan kawasan pemukiman yang sedang berkembang pesat di sisi barat 34th Street, Manhattan.

Dalam upacara pembukaan, Walikota New York Bill de Blasio menyebut “hari ini sebagai hari paling monumental bagi kota New York” karena sekaligus mengubah kawasan industri yang semula sepi menjadi ramai.

Perluasan jalur ini diperkirakan akan membuat lebih dari 30 ribu orang melewati daerah yang kini sedang mengalami pembangunan pesat itu. Pembangunan besar-besaran memang sedang dilakukan di kawasan seluas 4,65 juta meter persegi di kompleks Hudson Yards, tempat banyak terdapat gedung-gedung perkantoran dan apartemen.

Walikota de Blasio menyebut pemukiman itu sebagai “kota yang sama sekali baru, yang dibangun di dalam kota dan menghubungkan ribuan pekerjaan."

Perluasan jalur kereta api bawah tanah itu didanai oleh pemerintah kota New York sebelumnya, sewaktu dipimpin Michael Bloomberg.

Ini merupakan stasiun ke 469 dalam sistem kereta api bawah tanah di New York yang menjadi alat transportasi bagi lebih dari lima juta orang setiap hari.

XS
SM
MD
LG