Tautan-tautan Akses

Perluas Hubungan Diplomatik & Ekonomi, Presiden Xi Jinping Melawat ke Iran


Presiden China Xi Jinping, tengah kanan, berjabat tangan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, pada upacara penyambutan kedatangan Presiden China, di Saadabad Palace di Teheran, Iran, 23 Januari 2016.

Presiden China Xi Jinping kini berada di Iran, kunjungan kenegaraan resmi yang diperkirakan untuk mengkaji perluasan hubungan diplomatik dan ekonomi kedua negara.

Lawatan Presiden Xi Jinping ini merupakan lawatan pertama seorang presiden China ke Iran dalam 14 tahun terakhir. Xi hari Sabtu (23/1) mengadakan pertemuan dengan Presiden Iran Hasan Rouhani.

Xi Jinping mengatakan China memutuskan untuk mengubah hubungan kedua negara menjadi hubungan timbal balik yang lebih strategis dan pada isu-isu yang mempersatukan. Pernyataan kedua pihak mengatakan pertemuan ini seharusnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan lebih jauh pertukaran itu pada tingkat berbeda dan mendorong kepercayaan politik lebih besar di antara kedua negara. Masih ada beberapa keprihatinan tentang isu-isu yang menyangkut kepentingan bersama.

Dalam lawatan ini Iran dan China diperkirakan akan menandatangani 17 perjanjian untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang ekonomi, industri, kebudayaan dan kehakiman.

China memainkan peran penting dalam upaya internasional untuk mencabut sanksi-sanksi terhadap Iran sebagai imbalan penurunan aktivitas program nuklir Iran. [em]

XS
SM
MD
LG