Tautan-tautan Akses

Perjanjian Perdagangan Bebas AS-Korsel Mulai Berlaku Hari ini


Warga Korea Selatan merayakan mulai diberlakukannya perjanjian perdagangan bebas Korea Selatan-Amerika di Seoul (14/3).

Warga Korea Selatan merayakan mulai diberlakukannya perjanjian perdagangan bebas Korea Selatan-Amerika di Seoul (14/3).

Perjanjian Perdagangan Bebas Korea-Amerika telah ditandatangani sejak tahun 2007 namun tidak mendapat persetujuan dari anggota legislatif kedua negara, hingga tahun 2011.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Korea Selatan hari ini menyambut pemberlakuan persetujuan perdagangan bebas yang sempat lama macet.

Perjanjian yang dinamakan Persetujuan Perdagangan Bebas Korea Selatan-Amerika, ditanda-tangani tahun 2007, tetapi tidak disetujui oleh para anggota badan legislatif di kedua negara sampai tahun lalu karena tentangan politik dan pergantian pemerintahan di kedua negara.

Gedung Putih mengatakan Obama menelpon Presiden Lee Myung-bak hari Kamis untuk menyampaikan terima kasih atas kerjasama erat Korea Selatan dalam upaya untuk melaksanakan persetujuan.

Obama mengatakan persetujuan itu adalah contoh yang kuat kemitraan kedua negara dan bahwa persetujuan itu akan meningkatkan penanaman modal, perdagangan dan pekerjaan di kedua negara, serta membantu pengurangan hambatan perdagangan di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG