Tautan-tautan Akses

AS

Perintis Jurnalisme Helen Thomas Meninggal Dunia


Mantan koresponden Gedung Putih Helen Thomas meninggal pada usia 92 tahun hari Sabtu 20/7 (foto: dok).

Mantan koresponden Gedung Putih Helen Thomas meninggal pada usia 92 tahun hari Sabtu 20/7 (foto: dok).

Mantan koresponden Gedung Putih Helen Thomas yang meliput Presiden-presiden Amerika selama hampir 50 tahun telah meninggal pada usia 92 tahun.

Teman-teman dan kerabat kerja Helen Thomas mengatakan ia meninggal Sabtu dini hari (20/7) di kediamannya di sebuah apartemen di kota Washington DC.

Thomas adalah perintis bagi perempuan di bidang jurnalisme pada sebuah masa di mana laki-laki mendominasi profesi ini. Ia meliput setiap Presiden Amerika sejak Presiden John Kennedy.

Presiden Obama Sabtu mengatakan, Thomas melapangkan jalan dan meruntuhkan hambatan-hambatan bagi jurnalis perempuan, dan juga membuat beberapa presiden, termasuk dirinya, bersikap lebih hati-hati.

Obama memuji “keyakinannya yang kuat” bahwa praktik demokrasi yang paling baik adalah kalau pertanyaan-pertanyaan yang alot diajukan sehingga pemimpin harus mempertanggungjawabkan tindakannya.

Ia dikenal sebagai sosok yang acapkali mengungkapkan pendapatnya seputar isu-isu yang peka saat sesi tanya jawab dengan presiden sedang berlangsung dan disiarkan secara nasional lewat televisi.
XS
SM
MD
LG