Tautan-tautan Akses

AS

Peringkat Siaran American Idol Terus Menurun


Pembawa acara "American Idol" Ryan Seacrest (tengah) bersama para juri, dari kiri ke kanan, Mariah Carey, Keith Urban, Nicki Minaj dan Randy Jackson. (AP/Michael Becker)

Pembawa acara "American Idol" Ryan Seacrest (tengah) bersama para juri, dari kiri ke kanan, Mariah Carey, Keith Urban, Nicki Minaj dan Randy Jackson. (AP/Michael Becker)

Stasiun televisi Fox di AS berusaha keras mendongkrak peringkat siaran acara ‘American Idol’ yang terus menurun.

Mikrofon yang akan dipakai oleh para peserta acara pencarian bakat “American Idol”, Rabu (13/3), yang disiarkan stasiun televisi Fox telah diedarkan secara estafet seperti obor Olimpiade di 13 kota di Amerika.

Para produser berharap, program estafet bernama “Idol Across America” itu akan meningkatkan antusiasme penonton untuk sisa musim ke-12 acara yang peringkat siarannya terus menurun dalam enam tahun terakhir. Puncak acara dijadwalkan pada Mei.

Musim baru yang dimulai Januari ini turun 20 persen dan terutama untuk kelompok usia yang diinginkan pengiklan, yaitu antara 18-49 tahun, meski sudah ada juri baru dan fitur-fitur interaktif.

“Kami mulai khawatir dengan penurunan dua digit ini dan bertanya-tanya apakah ini terjadi karena perubahan juri, ataukah memang sudah terlalu lama acara ini mengudara?” ujar Jason Maltby, pembeli slot iklan untuk para pengiklan dari perusahaan Mindshare.

Juri yang asli pada tahun ini adalah musisi Randy Jackson, yang sudah bersama acara ini sejak diluncurkan pada 2002. Sisanya adalah diva pop Mariah Carey, bintang hip-hop Nicki Minaj dan penyanyi country Keith Urban.

Acara ini juga mengizinkan “super vote”, dimana para penggemar dapat memasukkan 50 suara sekaligus secara daring. Para penonton juga didorong untuk menulis respon mereka atas keputusan juri di Twitter.

Namun dengan penurunan jumlah penonton, “American Idol” masih termasuk lima besar acara yang paling ditonton setiap minggu, sehingga pengiklan besar masih mempertahankan posisi mereka sebagai sponsor. (Reuters/Lisa Richwine)
XS
SM
MD
LG