Tautan-tautan Akses

AS

Peringati Hari Pahlawan, Deretan Panjang Sepeda Motor Masuk ke Ibukota AS


Pengendara motor Rolling Thunder berparade di kawasan Washington D.C. dan sekitarnya untuk memperingati Memorial Day atau Hari Pahlawan.

Pengendara motor Rolling Thunder berparade di kawasan Washington D.C. dan sekitarnya untuk memperingati Memorial Day atau Hari Pahlawan.

Deretan panjang sepeda motor-besar yang dinamakan Rolling Thunder memasuki ibukota Amerika hari ini (29/5).

Acara setiap tahun itu, yang pertama kalinya diadakan tahun 1988, disebut sebagai penghormatan bagi warga Amerika yang ditawan dalam perang dan hilang dalam perang.

Ray Manzo, seorang mantan kopral Korps Marinir Amerika, adalah salah seorang yang dianggap berjasa atas penyelenggaraan acara tersebut. Sepucuk surat dari Manzo yang dimuat dalam majalah Outlaw Biker tahun 1987 menyerukan kepada para pengedara sepeda motor agar datang ke Washington hari Minggu sebelum Memorial Day atau hari pahlawan.

Hampir 3.000 pengendara sepeda motor besar datang untuk turut dalam konvoi pertama itu. Organisasi itu mengatakan peristiwa tersebut sekarang telah bertumbuh menjadi lebih sejuta pengendara dan penonton. Setengah juta sepeda-motor besar diperkirakan akan datang menderu-deru Minggu sore ini dan berderet dari Pentagon ke tugu perang Vietnam untuk menghadiri rapat umum yang disebut kelompok itu Ride for Freedom atau naik sepeda motor untuk kebebasan.

Misi kelompok itu telah bertambah disamping acara naik sepeda motor. Organisasi tersebut melobi undang-undang tahun 1993 yang disebut Missing Service Personnel Act yang melarang Departemen Pertahanan Amerika menyatakan seorang tentara tewas dalam perang tanpa bukti yang kuat.

Organisasi itu juga sudah mendirikan organisasi nir-laba yang menyediakan bantuan uang tunai kepada keluarga veteran.

Dalam beberapa tahun ini, Rolling Thunder telah menjadi organisasi yang lebih politis yang kecewa terhadap para anggota Kongres dan pemerintahan Obama. [gp]

XS
SM
MD
LG