Tautan-tautan Akses

Perhatian Para Kandidat Capres AS Tercurah ke New Hampshire


Kandidat Capres dari partai Republik, Gubernur Ohio John Kasich saat berkampanye di Newbury, New Hamshire (2/2).

Kandidat Capres dari partai Republik, Gubernur Ohio John Kasich saat berkampanye di Newbury, New Hamshire (2/2).

Sementara memusatkan perhatian ke negara bagian New Hampshire, di mana kaukus berikutnya akan berlangsung Selasa mendatang, para bakal calon presiden AS akan kembali menggunakan debat untuk menggalang dukungan pemilih.

Mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, yang baru meraih kemenangan tipis di Iowa, dan Bernie Sanders akan tampil dalam sebuah acara debat di sebuah balairung kota. Kedua kandidat dari Partai Demokrat ini juga akan melangsungkan debat pada hari Kamis. Di kubu Partai Republik, para bakal calon presiden akan melangsungkan debat mereka pada hari Sabtu.

Meskipun negara bagian kecil itu lebih seperti pedesaan, seperti halnya Iowa, para analis mengatakan, elektorat Republikan di New Hampshire tidak serelijius kelompok pemilih yang membantu Senator Texas Ted Cruz meraih keunggulan 28 lawan 24 persen atas saingan kuatnya, milyader Donald Trump di Iowa.Seorang konservatif lainnya, Senator Florida Marco Rubio, meraih posisi ketiga dengan 23 persen.

Survai-survai pra-pemilu di New Hampshire menunjukkan, Trump unggul secara meyakinkan atas para penantang lainnya dari Partai Republik, namun jajak-jajak pendapat itu dilangsungkan sebelum Kaukus di Iowa hari Senin lalu. Trump juga unggul dalam jajak-jajak pendapat di Iowa selama beberapa bulan sebelumnya.

Survai-survai terhadap para pemilih Demokrat di New Hampshire menunjukkan, Sanders, yang mewakili negara bagian Vermont di Senat, jauh mengungguli Clinton, diplomat tertinggi AS dari 2009 hingga 2013. Namun, ia mengatakan kepada CNN, Selasa, ia merasa memiliki prospek bagus di New Hampshire, dan sangat menginginkan debat pada hari Rabu dan Kamis antara dirinya dan Sanders untuk menunjukkan perbedaan mereka. [ab]

XS
SM
MD
LG