Tautan-tautan Akses

Peretasan Foto Telanjang Selebriti Hollywood Dilacak ke Sebuah Alamat di Chicago


Jennifer Lawrence

Jennifer Lawrence

Jejak peretasan foto selebriti membawa FBI ke sebuah rumah di Chicago, menurut dokumen pengadilan yang baru-baru ini dirilis. Menurut dokumen tersebut, penyelidikan telah menemukan komputer yang menjadi sumber peretasan hampir 600 akun penyimpanan data pribadi.

Sejumlah akun yang diretas merupakan milik aktris-aktris Hollywood. Foto-foto telanjang yang terdapat dalam akun pribadi mereka kemudian dibocorkan online. FBI menyita beberapa komputer dan ponsel dari sebuah rumah di bagian barat daya Chicago, namun belum ada dakwaan yang diajukan.

Tidak ada yang membuka pintu ketika kantor berita Associated Press mengunjungi rumah tersebut, Rabu, dan tidak ada yang mengangkat ketika nomor telepon yang terdaftar untuk alamat tersebut dihubungi.

Pada saat razia dilakukan, para penyelidik berkeyakinan sebuah alamat IP yang terdaftar untuk sebuah komputer di rumah tersebut digunakan untuk mengakses akun iCloud Apple milik selebritis, menurut sebuah pernyataan tertulis yang dirilsi bulan April.

Pernyataan tertulis tersebut menyebut delapan selebriti hanya dengan inisial nama mereka. Akun-akun lainnya yang diretas adalah milik sejumlah selebriti dan model lainnya, juga teman dan keluarga mereka, menurut pernyataan tersebut.

Dua di antara delapan selebriti tersebut telah berbicara kepada FBI, menurut pernyataan tersebut. Seorang selebriti "yang pernah tampil di beberapa film dan acara televisi" menyadari bahwa ia menjadi korban peretasan melalui pemberitaan media, menurut dokumen tersebut.

"Semua foto diambil dengan iPhone dan dikirim melalui iMessage ke pacarnya," menurut pernyataan tersebut.

Seorang selebriti lainnya "yang pernah tampil dalam beberapa film," mengatakan kepada FBI, "beberapa foto tersebut dikirimkan ke tunangannya, sejumlah lainnya tidak pernah dikirim dan hanya disimpan di ponselnya."

Juru bicara FBI Laura Eimiller di Los Angeles mengatakan belum ada dakwaan yang diajukan.

Belum adanya dakwaan boleh jadi mengindikasikan bahwa pemilik komputer juga menjadi korban, menurut Bill Kresse, seorang pakar cybersecurity di Governors State University di University Park, Illinois. Komputer atau alamat IP tertentu dapat dibajak dari manapun di dunia, ujar Kresse.

"Hati-hati dengan apa yang Anda taruh di iCloud," ujar Kresse, dan pastikan kata-kata kunci Anda sulit untuk ditebak.

Penggerebekan FBI tersebut merupakan bagian dari penyelidikan mengenai bagaimana foto-foto selebriti - seperti Jennifer Lawrence, yang inisialnya tidak ada dalam pernyataan tertulis tersebut - dicuri dan dipasang online tanpa izin.

Skandal yang merebak tahun lalu menyoroti kerentanan sistem komputasi awan - teknologi yang sering digunakan untuk menyimpan informasi pribadi di internet. Bulan September lalu, Apple mengatakan para insinyur mereka telah menetapkan bahwa peretasan dilakukan terhadap akun-akun pribadi dan tidak menerobos akses keseluruhan terhadap layanan perusahaan itu.

XS
SM
MD
LG