Tautan-tautan Akses

AS

Peretas Gunakan Komputer untuk Curi Mobil


Seorang jaksa AS menerangkan modus pencurian mobil dan eskpor mobil curian ke luar Amerika (foto: ilustrasi).

Seorang jaksa AS menerangkan modus pencurian mobil dan eskpor mobil curian ke luar Amerika (foto: ilustrasi).

Yoni Heilbronn, pakar keamanan komputer, meramalkan lebih banyak pencurian mobil seiring bertambahnya jumlah mobil yang tersambung internet.

Hanya perlu enam menit bagi dua pencuri untuk mencuri mobil, menggunakan laptop dan perangkat lunak bajakan. Kini mereka mendekam dalam penjara, tetapi pihak berwenang khawatir bukan hanya mereka yang pernah memanfaatkan kelemahan itu dalam industri otomotif. Menurut mereka, kedua orang itu bertanggungjawab karena mencuri dan mengekspor lebih dari 100 kendaraan.

Polisi di Houston, Texas, menangkap Michael Arce, 24 tahun, dan Jesse Zelaya, 22 tahun, pekan lalu selagi mengendarai Jeep Grand Cherokee curian. Keduanya memiliki catatan kriminal.

Arce dan Zelaya menyenangi Jeep dan Dodges, dua merek mobil yang populer di pasar gelap Meksiko. Kedua kendaraan itu diproduksi oleh Fiat Chrysler.

Yoni Heilbronn, pakar keamanan komputer, meramalkan lebih banyak pencurian mobil seiring bertambahnya jumlah mobil yang tersambung internet. Menurutnya, akan tiba masa dimana peretas mampu mencuri beberapa mobil dalam waktu yang bersamaan. Ia mengatakan, industri otomotif perlu menggunakan beberapa lapis pertahanan untuk kendaraan mereka.

Jim Woods dari kepolisian Houston mengatakan pihak berwenang sedang menyelidiki serangkaian pencurian mobil dengan komputer di negarabagian California dan Florida. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG