Tautan-tautan Akses

Perempuan Maroko Selundupkan Anak Pantai Gading di dalam Koper ke Spanyol


Letak kota Ceuta, Spanyol.

Letak kota Ceuta, Spanyol.

Polisi mengatakan koper itu dibawa oleh seorang perempuan Maroko berusia 19 tahun yang tampak sangat gugup sewaktu ia antri untuk masuk ke kota Ceuta, Kamis (7/5).

Polisi Spanyol mengatakan telah menemukan seorang anak laki-laki berusia delapan tahun yang berasal dari Pantai Gading dan diselundupkan ke negara itu di dalam koper.

Polisi mengatakan mereka mengetahui keberadaan anak laki-laki itu ketika penjaga perbatasan memindai koper itu di perbatasan darat di Ceuta – sebuah kantung wilayah Spanyol di Maroko.

Polisi mengatakan koper itu dibawa oleh seorang perempuan Maroko berusia 19 tahun yang tampak sangat gugup sewaktu ia antri untuk masuk ke kota itu pada hari Kamis (7/5).

Petugas-petugas perbatasan telah menangkap perempuan itu, yang mengatakan ayah anak laki-laki itu yang memintanya untuk membawa anak tersebut ke Spanyol. Polisi kemudian menangkap sang ayah di perbatasan yang sama sewaktu ia berusaha memasuki negara.

Anak laki-laki itu kini dirawat oleh pihak berwenang di Ceuta. Setiap tahun ribuan migran nekad membahayakan diri mereka untuk memasuki Ceuta dan Melila, sebuah kantung wilayah Spanyol lainnya.

Banyak warga Afrika berupaya memanjat pagar setinggi tujuh meter yang memisahkan kota-kota Spanyol itu dari Maroko.

Bulan April lalu sebuah kapal yang membawa migran asal Timur Tengah dan Afrika tenggelam sewaktu berupaya mencapai Italia, menewaskan sekitar 800 orang. Kapten kapal itu secara keliru menabrakkan kapal naas itu ke sebuah kapal komersil.

Italia mengatakan cuaca tenang di Laut Tengah diperkirakan akan kembali meningkatkan jumlah migran yang datang tahun ini, yang diperkirakan mencapai 200 ribu orang, jauh lebih besar dari 30 ribu orang yang datang pada tahun 2014.

XS
SM
MD
LG