Tautan-tautan Akses

AS

Loretta Lynch, Perempuan Kulit Hitam Pertama Jadi Jaksa Agung AS


Senat AS telah mengesahkan Loretta Lynch sebagai jaksa agung (foto: dok).

Senat AS telah mengesahkan Loretta Lynch sebagai jaksa agung (foto: dok).

Loretta Lynch menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjabat posisi itu, menggantikan Jaksa Agung sebelumnya Eric Holder yang juga berkulit hitam.

Senat Amerika telah mengesahkan Loretta Lynch sebagai jaksa agung, lima bulan sesudah dicalonkan Presiden Barack Obama.

Lynch menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menjabat posisi itu, menggantikan Eric Holder yang juga menjadi laki-laki kulit hitam pertama sebagai jaksa agung Amerika.

Lynch memiliki reputasi sebagai jaksa yang keras, tetapi banyak senator dari Partai Republik menentang pencalonannya karena ia mendukung kebijakan eksekutif Presiden Obama dalam bidang imigrasi.

Dalam pernyataan, Presiden Obama mengatakan Lynch “akan membawa pengalamannya sebagai jaksa yang tegas, mandiri dan sangat dihormati dalam isu-isu prioritas seperti reformasi penegakan hukum.”

Obama menambahkan Lynch juga akan membawahi banyak kasus penting, termasuk kontra-terorisme, hak pilih, korupsi dana publik dan kejahatan kerah putih.

Lynch disahkan lewat voting 56-43 suara. Semua posisi yang dicalonkan presiden Amerika harus disahkan Senat.

Proses pengesahan Lynch tertunda berminggu-minggu setelah para senator Partai Demokrat memblokir RUU penyelundupan manusia karena ada pasal anti-aborsi yang dicantumkan para senator Republik. Sebagai balasan, pemimpin faksi mayoritas Senat Mitch McConnell menolak menjadwalkan voting pengesahan Lynch sebelum RUU itu beres.

RUU penyelundupan manusia itu akhirnya lolos secara mufakat awal minggu ini setelah para senator dari kedua partai mencapai kompromi.

XS
SM
MD
LG