Tautan-tautan Akses

AS

Perempuan AS Meninggal Setelah 6 Hari Jadi Orang Tertua di Dunia


Gertrude Weaver berpose di pusat kesehatan dan rehabilitasi Silver Oaks di Camden, Arkansas, sehari sebelum ulangtahun ke-116, Juli 2014. (AP/Danny Johnston)

Gertrude Weaver berpose di pusat kesehatan dan rehabilitasi Silver Oaks di Camden, Arkansas, sehari sebelum ulangtahun ke-116, Juli 2014. (AP/Danny Johnston)

Orang tertua di dunia sekarang ini adalah Jeralean Talley, yang lahir pada 23 Mei 1899 dan akan berulang tahun ke 116 bulan depan.

Gertrude Weaver, yang minggu lalu menjadi orang tertua di dunia, telah meninggal dunia pada usia 116 tahun di sebuah rumah jompo di Arkansas, menurut para pejabat, Senin (6/4).

Weaver, yang mengatakan bahwa kunci usia panjang adalah memperlakukan orang dengan baik, senang menjadi pusat perhatian global meski sebentar.

Ia menikmati membaca artikel-artikel berita tentang dirinya sebagai orang tertua di planet ini, ujar Kathy Langley, pengurus Pusat Kesehatan dan Rehabilitasi Silver Oaks di Camden, Arkansas.

"Ia menikmatinya, dan kami sedih sekali karena kehilangan dirinya," ujar Langley.

​Weaver lahir pada 4 Juli 1898, menurut Kelompok Riset Gerontologi, yang memvalidasi usia orang-orang tertua di dunia. Hanya ada tiga orang yang masih hidup di dunia dengan catatan kelahiran menunjukkan bahwa mereka lahir sebelum tahun 1900, menurut kelompok tiga.

Seorang anak petani, Weaver lahir di Arkansas dekat perbatasan Texas dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Orang tertua di dunia sekarang ini adalah Jeralean Talley, yang lahir pada 23 Mei 1899 dan akan berulang tahun ke 116 bulan depan, menurut kelompok tersebut.

​Talley, yang tinggal di pinggiran kota Inkster, Detroit, mengatakan kekuatan iman membuatnya berumur panjang.

"Ini tangan Tuhan, semua ada di tangan-Nya," ujarnya dalam wawancara tahun lalu di rumah yang ia tinggali bersama putrinya, Thelma Holloway.

Talley mengatakan ia tidak pernah merokok atau minum alkohol dan operasi yang pernah ia hadapi hanyalah operasi amandel.

Misao Okawa, perempuan Jepang yang mengatakan rahasia umur panjangnya adalah "makan makanan yang enak," telah menjadi orang tertua di dunia sampai kematiannya pada 1 April 2015 pada usia 117 tahun.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG