Tautan-tautan Akses

Perempuan Afrika Ditunjuk Jadi Sekjen FIFA


Fat Samba Diouf Samoura dari Senegal ditunjuk menjadi Sekjen perempuan dan non Eropa pertama FIFA. (Foto: dok).

Fat Samba Diouf Samoura dari Senegal ditunjuk menjadi Sekjen perempuan dan non Eropa pertama FIFA. (Foto: dok).

FIFA menunjuk Fatma Samba Diouf Samoura dari Senegal sebagai perempuan dan non-eropa pertama untuk memangku jabatan sebagai Sekjen.

Samoura, veteran dari PBB, tidak memiliki pengalaman olah raga. Tetapi Presiden FIFA, Gianni Infantino berharap pengangkatannya akan membantu memulihkan kepercayaan dan kredibilitas dari masyarakat dunia setelah organisasi ini dilanda skandal korupsi, penyuapan, dan penyalahgunaan keuangan lainnya.

“Dia punya kemampuan yang sudah terbukti dalam membangun dan memimpin tim, serta memperbaiki kinerja organisasi. Juga penting untuk FIFA dia faham pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab,” kata Infantino.

Samoura akan mulai menjabat pada pertengahan Juni setelah melewati sebuah pengecekan kelaikan dirinya yang dilaksanakan oleh sebuah komite independen.

Mantan Sekjen, Jerome Valcke dari Perancis dipecat pada Januari dan dilarang dari kegiatan persepakbolaan selama 12 tahun karena penyalahgunaan hak siar televisi dan penjualan tiket Piala Dunia, salah satu dari banyak skandal yang melanda FIFA.

Sepp Blatter, Presiden FIFA selama 18 tahun, undur diri ditengah-tengah penyelidikan korupsi yang merajalela dalam organisasi itu. Dia kemudian dilarang dari keterlibatan dalam kegiatan persepakbolaan selama enam tahun oleh penguasa olah raga. [jm]

XS
SM
MD
LG